Logo Network
Network

Profil dan Rekam Jejak Drs. Irwan, M.Si, Mantan Bupati Meranti yang Kini Maju Sebagai Caleg DPR RI

Kholid Hidayat
.
Rabu, 17 Januari 2024 | 13:12 WIB
Profil dan Rekam Jejak Drs. Irwan, M.Si, Mantan Bupati Meranti yang Kini Maju Sebagai Caleg DPR RI
Drs. Irwan, M.Si ketika melakukan kegiatan kampanye dan berinteraksi dengan masyarakat (sumber : istimewa)

PEKANBARU, iNewsDumai.id - Drs. Irwan, M.Si merupakan mantan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti periode 2010-2015/2016-2021. Pria yang akrab disapa Irwan Nasir lahir pada 31 Desember 1969 di Selat Panjang Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sapaan Irwan Nasir merupakan nama kepanjangan yang diambil dari ayahnya yakni Nasir dan kemudian populer di kalangan masyarakat. Namun dalam kontestasi kali ini nama yang tertera di kertas suara adalah Drs. Irwan, M.Si menyesuaikan dengan kartu identitas miliknya. 

Tokoh yang lahir di Riau pesisir ini memiliki rekam jejak yang cukup panjang baik di bidang birokrasi, organisasi, dan politik. Irwan menapaki dunia birokrasi sejak lulus dari Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Pekanbaru pada tahun 1991 dan melanjutkan di Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta pada tahun 1996. 

Beberapa jabatan birokrasi yang pernah diamanahkan kepada Drs. Irwan, M.Si di antaranya adalah berikut ini: 

- Camat Lubuk Baja Batam

- Kabag Keuangan Kab. Siak

- Kabag Keuangan Prov. Riau

- Kabid Bapenda Prov. Riau

- Kabid Pajak Dispenda Prov. Riau

Selain di dunia birokrasi, Irwan juga pernah diberikan amanah untuk memegang mandat pada beberapa organisasi, di antaranya adalah berikut ini : 

- Ketua Umum KAPEMARY (Keluarga Alumni Pelajar Mahasiswa Riau Yogyakarta)

- Ketua Umum IPSI Prov. Riau 2016-2021

- Presiden Sagu Indonesia

- Ketua Umum HIKATAMA (Himpunan Keselamatan Transportasi Masyarakat Indonesia)

- Wakil Ketua Dewan Syuro PKB Kepulauan Riau.

Mantan bupati dua periode tersebut melanjutkan perjuangan politiknya pada pemilu serentak tahun 2024. Ia mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan nomor urut 3 (tiga).

Drs. Irwan, M.Si masuk dalam daerah pemilihan (Dapil) Riau 1 yang meliputi Pekanbaru, Dumai, Siak, Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, dan Kepulauan Meranti. Langkahnya menuju Senayan dinilai tepat mengingat masyarakat Riau membutuhkan seorang tokoh yang dapat mewakili dan menjadi jembatan aspirasi.

Dalam beberapa kesempatan, Drs. Irwan, M.Si mengaku siap untuk mewakafkan diri kepada masyarakat. Ia menegaskan bahwa jalan politik yang ditempuh adalah bagian dari pengabdiannya sebagai seorang pemimpin kepada masyarakat Provinsi Riau.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.