Logo Network
Network

Ngopi Bareng Milenial, Drs. Irwan, M.Si Dorong Anak Muda Kritis dan Gunakan Hak Suara

Kholid Hidayat
.
Selasa, 07 November 2023 | 00:20 WIB
Ngopi Bareng Milenial, Drs. Irwan, M.Si Dorong Anak Muda Kritis dan Gunakan Hak Suara
Irwan Nasir ketika menghadiri undangan generasi milenial ngopi dan berdiskusi bersama (sumber: Istimewa).

PEKANBARU, iNewsDumai.id - Mantan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti periode 2010-2015/2016-2021 Drs. Irwan, M.Si diundang oleh anak muda Pekanbaru untuk ngopi bersama. Kegiatan ini dilaksanakan di Warung Mie Pedas Gacor, kawasan Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru pada Senin, 6 November 2023. 

Pada kesempatan kali ini, Drs. Irwan, M.Si memberikan sosialisasi pendidikan pemilih kepada generasi milenial atau Gen Z Pekanbaru. Irwan menyampaikan bahwa anak muda yang melek terhadap teknologi harus lebih kritis dan selektif untuk menggunakan hak suaranya pada momentum pemilu 2024. 

Sikap kritis anak muda harus mulai diarahkan pada politik sebab akan berdampak pada masa depan generasi muda saat ini. Ia meminta kepada anak muda untuk menilai setiap calon yang akan dipilih melalui teknologi internet.

"Anak muda itu kalau memilih harus kritis, caranya mudah karena kedekatan anak muda dengan teknologi memudahkan untuk mencari latar belakang tokoh yang akan dipilih. Jadi fasilitas teknologi yang telah tersedia dimanfaatkan untuk menentukan sikap politik karena ini akan berdampak pada masa depan adik-adik," ujar Irwan pada kesempatan ngopi bareng tersebut. 

Salah satu peserta diskusi mengajukan pertanyaan substansial yang menyangkut masa depan anak muda yakni persoalan lapangan kerja. Isu lapangan kerja merupakan tantangan tersendiri lantaran secara demografi anak muda yang masuk dalam masa produktif untuk bekerja lebih banyak dibandingkan kesempatan yang tersedia. 

Irwan menerangkan bahwa potensi Gen Z yang dekat dengan teknologi harus difasilitasi melalui kebijakan pemerintah yang menghidupkan ekosistem ekonomi berbasis teknologi. Kebijakan yang lahir dari pemerintah harus disesuaikan dengan kebutuhan serta kecenderungan generasi saat ini untuk menciptakan geliat ekonomi kreatif yang banyak digandrungi anak muda.

"Anak muda ini jangan sampai malah dipisahkan dari teknologi karena ini adalah kekuatan yang dimiliki anak muda. Jadi kreatifitas anak muda seharusnya difasilitasi oleh pemerintah agar ekonomi yang berbasis teknologi bisa hidup dan memacu pertumbuhan ekonomi kreatif yang banyak digandrungi anak muda," tutur Irwan ketika menjelaskan potensi anak muda dan peluang kerja di masa depan.

Isu lain yang ditanyakan oleh peserta lainnya yakni tentang jaminan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas. Menurutnya saat ini pembangunan fasilitas publik khususnya pendidikan dan kesehatan harus ditingkatkan baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Irwan menanggapi pertanyaan ini dengan menceritakan pengalamannya ketika menjabat sebagai Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti selama dua periode. Salah satu hal yang menjadi fokus utama Irwan dalam membangun Meranti adalah peningkatan fasilitas publik baik di bidang kesehatan dan pendidikan karena Ia menilai bahwa pembangunan manusia khususnya Provinsi Riau hanya akan maksimal apabila kedua aspek tersebut dibangun dan disesuaikan dengan kebutuhan.

"Pembangunan manusia itu selaras dengan peningkatan aspek pendidikan dan layanan kesehatan. Itu adalah fokus Saya dulu ketika menjabat sebagai bupati, bahkan dalam penanganan stunting, Meranti menjadi yang terbaik se-Provinsi Riau pada saat itu," ujar Irwan ketika menjawab pertanyaan peserta diskusi.

Selain itu, Irwan juga memberi saran pada anak muda untuk aktif dalam kegiatan kemasyarakatan atau bersosialisasi. Hal ini penting dilakukan karena melihat realitas saat ini menunjukkan anak muda cenderung abai pada lingkungan sekitar. 

"Jangan karena teknologi yang memudahkan orang untuk berinteraksi menjadikan anak muda sekarang itu abai dengan tetangga dan masyarakat. Inilah saran yang mungkin bisa saya sampaikan ke adik-adik karena memang ini yang mungkin bisa membuat anak muda lebih maju kedepannya," tutup Irwan dalam kesempatan ngopi bersama milenial.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.