get app
inews
Aa Read Next : Sosialisasikan Ganjar Mahfud, Relawan GMPI Bagikan Bibit Pohon dan Karpet Mushola

Sembako Terus Naik, PPP Siapkan Strategi Harga Pangan Murah

Selasa, 21 November 2023 | 07:25 WIB
header img
Partai Persatuan Pembangunan (sumber: istimewa).

JAKARTA, iNewsDumai.id - PPP menyiapkan  sejumlah strategi agar harga pangan bisa ditekan dan terjangkau bagi masyarakat. Langkah tersebut akan dikombinasikan baik melalui legislatif maupun eksekutif.

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno mengungkapkan telah memiliki cara agar 
 harga pangan murah lewat tiga langkah  berdasarkan pengalaman saat memimpin DKI Jakarta. 

“Saya menyebutnya sebagai KEGERUS, dan ini saya bicara karena saya punya pengalaman,” ungkap Sandiaga Uno saat paparan di depan DPP PPP beberapa waktu lalu.

KEGERUS, dijelaskan Sandiaga Uno merupakan akronim dari tiga langkah strategis. Langkah pertama adalah Keroyok. 

Menurut Sandi, Keroyok dalam menjaga ketahanan pangan di antaranya menjalin kerjasama dengan sejumlah daerah produsen pangan, sehingga harga pangan dapat terjaga lewat terpenuhinya pasokan pangan.

Langkah kedua dalam KEGERUS adalah Gerilya. Menurut Sandi,  dalam Gerilya pihaknya menekankan pentingnya menjaga rantai distribusi pangan, sehingga menutup celah adanya spekulan yang merusak harga pasar.

Dengan begitu, harga pangan dapat tetap stabil, mulai dari tingkat produsen hingga ke tangan konsumen.

“Gerilya itu kita harus pastikan secara bergerilya kita hadirkan harga-harga yang terjangkau. Kalau pasokan sudah cukup, maka rantai distribusinya itu harus lancar,” ungkap Sandiaga Uno.

Langkah terakhir dari KEGERUS adalah Urai. Sandi mengungkapkan caranya dengan mengurai satu per satu permasalahan dari setiap komoditas pangan. Bersamaan dengan hal tersebut, dirinya menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah ataupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) penghasil komoditas.

Ketua DPP PPP  Dony Ahmad Munir menambahkan berdasarkan hasil berbagai lembaga survei, isu harga pangan yang terus naik dan sulit mencari lapangan kerja menjadi mayoritas keluhan  masyarakat.

"PPP harus memberikan solusi atas kesulitan yang dialami masyarakat. Nah dengan para tokoh berlatar belakang pengusaha seperti Ketum  PPP dan Ketua Bappilu, PPP Insya Allah mampu mengatasi tuntutan tersebut," katanya.

Saat ini mayoritas komoditas pangan menunjukkan tren kenaikan harga rata-rata di seluruh wilayah di Indonesia, seperti beras, cabai, bawang, daging sapi, gula, telur, daging ayam dan jagung.

Menyitir Panel Harga Pangan Badan Pangan Nasional (Bappenas), rata-rata harga beras premium per hari ini, Minggu (19/11/2023) pukul 09.20 WIB, tercatat Rp15.040 per kilogram atau naik 0,4% dibandingkan harga kemarin kemarin.

Selain itu, komoditas bawang merah dan bawang putih kompak naik. Harga bawang merah hari ini naik 1,4% menjadi Rp28.920 per kilogram dan harga bawang putih naik 1,12% menjadi Rp36.160 per kilogram.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut