get app
inews
Aa Read Next : Hari ke 2 Penggalangan Dana KNPI Kota Dumai, Arya : Antusias Masyarakat Luar Biasa Untuk Membantu

Drs. Irwan, M.Si Dorong Mahasiswa Persiapkan Diri Jadi Pemimpin Berkualitas untuk Pembangunan Daerah

Sabtu, 18 November 2023 | 13:05 WIB
header img
Irwan Nasir ketika membuka acara MUBES RUMPUT ke-3 di Hotel Parma (sumber : istimewa).

PEKANBARU, iNewsDumai.id - Drs. Irwan, M.Si atau yang akrab disapa Irwan Nasir diundang oleh ikatan mahasiswa dari Kecamatan Tasik Putri Puyu dalam agenda MUBES RUMPUT ke-3. Acara mubes dilaksanakan di Hotel Parma, Pekanbaru pada Senin, 18 November 2023 dengan tema "Menjadikan Pemimpin Muda yang Berkualitas."

Mubes Rumput adalah agenda tahunan dalam rangka regenerasi kepemimpinan dan menata kembali arah perjuangan organisasi. Perlu diketahui bahwa agenda ini diikuti mahasiswa dari Kecamatan Tasik Putri Puyu dan mahasiswa dari kecamatan lainnya yang terhimpun dalam ikatan keluarga mahasiswa Kabupeten Kepulauan Meranti serta sedang melangsungkan pendidikan tinggi. 

Mantan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti periode 2010-2015/2016-2021 diberikan kesempatan untuk membuka acara sekaligus nasihat kepada mahasiswa yang datang. Apresiasi disampaikan Irwan pada kegiatan kemahasiswaan yang mempersiapkan pemimpin muda untuk pembangunan daerah khususnya bagi Kabupaten Kepulauan Meranti. 

"Saya membaca tema ini semakin optimis karena organisasi mahasiswa yang berbasis kedaerahan ternyata ikut mempersiapkan kepemimpinan masa depan. Adik-adik ini harus menata diri karena saya harapkan kedepannya bisa menjadi penggerak pembangunan daerah," ujar Irwan pada sambutannya.

Selain itu Irwan juga menekankan pentingnya kerjasama dan gotong royong dalam membangun daerah. Kolaborasi hanya akan maksimal apabila kepemimpinan dijalankan dengan terbuka tanpa adanya diskriminasi terhadap kelompok tertentu baik itu berdasarkan agama, suku, atau golongan. 

"Pengalaman saya ketika menjadi bupati dulu itu memang seorang pemimpin tidak boleh menutup diri hanya karena orang lain memiliki latar belakang yang berbeda dengan kita baik itu suku, agama, dan identitas lainnya. Justru ini harus menjadi kekuatan dalam pembangunan karena keterbukaan itu memberikan kesempatan pada semua pihak untuk berkontribusi, " sambung Irwan.

Irwan mengatakan bahwa pola perjuangan mahasiswa hari ini berbeda dengan generasi sebelumnya. Perjuangan mahasiswa saat ini dimudahkan oleh kemajuan teknologi namun Ia mengingatkan bahwa masa depan yang akan dihadapi oleh generasi muda akan lebih berat.

"Teknologi ini sebenarnya mempermudah perjuangan mahasiswa hari ini dan saya sangat merasakan bahwa polanya sangat berbeda dengan kami dulu ketika menjadi mahasiswa. Namun di satu sisi, adik-adik harus bersiap karena masa depan adik-adik tantangannya akan lebih berat dibandingkan dengan generasi sebelumnya," tutur Irwan. 

Kesempatan sambutan tersebut ditutup oleh Irwan dengan menyampaikan harapannya terkait dengan kepemimpinan di ikatan keluarga mahasiswa Kabupeten Kepulauan Meranti rumpun Kecamatan Tasik Putri Puyu. 

"Semoga pemimpin yang terpilih nanti memang orang terbaik sehingga bisa menjadi pelopor mahasiswa Kecamatan Tasik Putri Puyu agar lebih baik," tutup Irwan dalam kesempatan tersebut.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut