Logo Network
Network

Berikut Prakiraan Cuaca di Riau dan Jumlah Titik Panas di Sumatra

Kholid Hidayat
.
Kamis, 05 Oktober 2023 | 10:36 WIB
Berikut Prakiraan Cuaca di Riau dan Jumlah Titik Panas di Sumatra
Kondisi cuaca Kota Pekanbaru tadi pagi. (foto : istimewa)

PEKANBARU, iNewsDumai.Id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, pada Kamis (5/10/2023). Disampaikan, hujan dengan intensitas ringan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur sebagian wilayah setempat. 

"Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlangsung hingga dini hari. Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Mia Vadilla. 

Dikatakan dia, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, dan juga Rokan Hilir.

Lalu, pada siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi disebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan, Bengkalis, Siak, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru. 

"Malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kota Dumai," ucapnya. 

Mia berujar, dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan juga Pelalawan. 

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ucapnya. 

Dijelaskan, kondisi itu berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, dan Kota Pekanbaru pada pagi, siang, dan sore hari. 

Lebih lanjut dikatakan, suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan Udara 50 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara – Selatan dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah)," jelasnya. 

Jumlah Titik Panas atau Hotspot di Sumatra

Ribuan titik panas atau hotspot terpantau di pulau Sumatra, Kamis (5/10/2023). Titik panas ini tersebar di sejumlah wilayah. Hari ini ada 1.001 titik panas terpantau di pulau Sumatera. 

"1.001 titik ini tersebar di delapan wilayah dengan sebaran terbanyak di Sumatra Selatan yakni mencapai 733 titik. Kemudian disusul Bangka Belitung sebanyak 106 titik,"  ujar Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Mia Vadilla, Kamis (5/10/2023).

"Selanjutnya Lampung 105 titik, Sumatra Barat 24 titik, Riau 18 titik, Jambi 13 titik dan Sumatra Utara serta Kepulauan Riau masing-masing 1 titik," imbuhnya. 

Dijelaskan, Khusus Riau, sebanyak 18 titik panas tersebar di 6 wilayah dengan sebaran terbanyak di Rokan Hulu yakni 8 titik. Kemudian, disusul Bengkalis 4 titik, Pelalawan dan Indragiri Hilir masing-masing 2 titik serta Siak dan Indragiri Hulu masing-masing 1 titik.

"Dari jumlah tersebut seluruhnya berada di level sedang. Artinya, belum bisa dipastikan apakah itu titik api atau tidak. BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.