get app
inews
Aa Read Next : APBD-P Kabupaten Bengkalis Tahun 2023 Tertahan Di Pemprov Riau

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Berpotensi Mengguyur Riau

Senin, 14 Agustus 2023 | 10:29 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto : Freepik)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Stasiun Pekanbaru merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, pada Senin (14/8/2023). Disampaikan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur wilayah setempat. 

"Hujan sudah mengguyur Riau pada pagi hari dan masih akan berlangsung pada dini hari. Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Fitri Nur. 

Dia berujar, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Pelalawan, dan Kota Dumai. Lalu, pada siang hari potensi hujan terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau. 

"Sore hingga malam hari potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi hampir di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, dan Kota Dumai," ujarnya. 

"Kemudian, dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Indragiri Hilir, dan Kota Dumai," imbuhnya. 

Disampaikan juga, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi Hujan dengan Intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

"Potensi tersebut terjadi di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Pelalawan, dan Kota Dumai pada pagi dan siang hari," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembaban udara 55 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 27 Km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," tandasnya.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut