get app
inews
Aa Read Next : Cek Prakiraan Cuaca Wilayah Riau pada Kamis 31 Agustus 2023

Prakiraan Cuaca dan Titik Panas Hari Ini: Waspada Potensi Hujan di Riau

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 10:39 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto : Freepik)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Provinsi Riau dihadapkan pada variasi kondisi cuaca pada hari ini, Jumat (18/7/2023).

Forecaster BMKG stasiun Pekanbaru, Sanya G menjelaskan bahwa pagi hari ini cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berawan di sebagian besar wilayah. 

"Meskipun demikian, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan yang berpeluang terjadi di beberapa daerah, termasuk Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Bengkalis, dan Kota Dumai pada pagi hari ini," kata Sanya.

Siang hari juga diprakirakan cerah berawan hingga berawan. Potensi hujan dengan intensitas serupa juga terdapat di wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Pelalawan.

Pada periode sore hingga malam, cuaca di sebagian besar wilayah Provinsi Riau diperkirakan akan cenderung cerah berawan hingga berawan. Meskipun begitu, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang berpotensi terjadi hampir di seluruh wilayah provinsi.

Dalam perkiraan cuaca dini hari, udara diperkirakan akan bersifat kabur hingga berawan. "Dini hari nanti juga terdapat peluang hujan dengan intensitas serupa di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kabupaten Kampar," jelasnya.

Sedangkan untuk suhu udara pada hari ini berada dalam kisaran 22.0 - 32.0 °C, dengan kelembapan udara berkisar antara 60 - 99%. Angin bertiup dari arah selatan-barat dengan kecepatan berkisar 10 - 30 km/jam.

"Perkiraan gelombang laut menunjukkan bahwa tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau tetap berada dalam rentang 0.01-0.5 m, menunjukkan kondisi perairan yang relatif tenang," jelasnya.

Seiring dengan itu, titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera terus dipantau. Hingga saat ini, tercatat total 162 hotspot di Sumatera. Provinsi Riau memiliki 4 titik panas yang terpantau, dengan perinciannya di Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kabupaten Indragiri Hilir.

"Warga di wilayah Provinsi Riau diimbau untuk terus mengikuti perkembangan informasi cuaca dan titik panas yang dikeluarkan oleh BMKG, serta tetap waspada terhadap potensi perubahan cuaca yang dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari," tukasnya.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut