PPP Dukung Penuh Pemerintah Untuk Modernisasi Transportasi Publik

kholid hidayat
Anggota DPR RI Fraksi PPP Muhammad Iqbal (Sumber: instagram.com/muhammad.iqbalfppp)

JAKARTA, iNewsDumai.id - Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Fraksi PPP Muhammad Iqbal dengan tegas mendukung upaya pemerintah dalam modernisasi sistem transportasi publik guna memenuhi kebutuhan mobilitas yang semakin meningkat.

“Transportasi publik modern telah menjadi tulang punggung masyarakat perkotaan di seluruh dunia. Di Indonesia, era konektivitas melalui transportasi publik modern telah dimulai, dengan kereta api yang lebih modern yang baru saja diresmikan oleh pemerintah.

Proyek-proyek penting seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung, LRT Jabodebek, dan Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta telah menjadi contoh nyata bagaimana infrastruktur kereta api modern menjadi solusi bagi transportasi perkotaan,’ ujar Iqbal.

Menurut Iqbal, konektivitas melalui transportasi publik modern adalah investasi jangka panjang yang akan membentuk masa depan Indonesia yang lebih terhubung, berkelanjutan, dan sejahtera. Dengan infrastruktur yang terus berkembang, kita dapat bermimpi tentang Indonesia di mana perjalanan lintas wilayah tidak lagi menjadi hal yang sulit, mobilitas bisa terus meningkat dan peluang ekonomi tersedia untuk semua orang.

Data yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan bahwa penggunaan fasilitas transportasi publik di Indonesia terus meningkat. Jumlah penumpang transportasi publik mencapai puncaknya pada tahun 2022, dengan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. 

Jumlah penumpang kereta api mencapai angka luar biasa, yaitu sekitar 143,8 juta orang, mengalami peningkatan sebesar 21,3% dibandingkan tahun sebelumnya. Demikian juga dengan LRT, jumlah penumpangnya meningkat sebesar 22,8% menjadi 13,8 juta orang.

Menurut Anggota DPR RI Fraksi PPP Dapil Sumatera Barat II, konektivitas melalui transportasi publik modern adalah langkah maju yang penting bagi Indonesia. Ini akan membantu negara ini bersaing dalam panggung global dan menjembatani kesenjangan antar daerah. 

“Ini juga membuka pintu bagi konektivitas ekonomi dan sosial yang lebih erat. Dengan perjalanan yang lebih mudah dan cepat antar kota dan pulau, perdagangan antar daerah dapat meningkat, memberikan dorongan ekonomi yang signifikan serta menciptakan peluang bagi pertumbuhan pariwisata, yang dapat memberikan pendapatan tambahan dan pekerjaan bagi Masyarakat,” tegas Iqbal.

Ia menyebut, tidak kalah penting adalah komitmen menjaga lingkungan semakin terwujud, karena transportasi publik ini lebih ramah lingkungan, mengurangi emisi gas buang dari kendaraan bermotor serta mendukung upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan meningkatkan kualitas udara.

“Fasilitas transportasi publik ini juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpangnya, dengan fasilitas modern dan sistem keamanan yang ketat, sehingga penumpang dapat merasa nyaman selama perjalanan mereka,” sambungnya.

Kendati demikian, Iqbal mengatakan kita harus bersama-sama mengatasi beberapa tantangan yang masih ada. Salah satunya adalah meningkatkan jaringan dan pelayanan, serta memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang. 

Bagi masyarakat, memilih untuk menggunakan kereta cepat dan LRT bukan hanya keputusan bijak dalam perjalanan mereka, tetapi juga kontribusi positif dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup kita bersama.

Editor : Kholid Hidayat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network