Logo Network
Network

KPU Kota Dumai Lakukan Persiapan Pemilu Damai 2024

Ari Susanto
.
Sabtu, 10 Februari 2024 | 18:35 WIB
KPU Kota Dumai Lakukan Persiapan Pemilu Damai 2024

DUMAI, iNewsDumai.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai lakukan persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) Damai tahun 2024 dengan menyebarkan undangan pemilih mendekati hari tenang.

Tak hanya itu, himbauan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) juga diserukan.

Pengiriman surat undangan pemilih kepada masyarakat disebar melalui kelompok penyelenggara pemungutan suara di semua wilayah untuk hari pencoblosan 14 Februari 2024 nanti.

Ketua KPU Dumai, Darwis mengatakan, pendistribusian surat undangan pemilih secara door to door diusahakan bisa rampung dalam tiga hari. KPU meminta petugas menyerahkan langsung kepada warga bersangkutan atau keluarga yang ada di rumah.

“Surat undangan pemilih sudah kita distribusikan ke rumah warga oleh masing masing petugas tempat pemungutan suara,” kata Darwis, Jumat (9/2/24), dikutip dari ErzedNews.

Darwis juga menjelaskan, bagi warga yang sudah masuk dalam daftar pemilih tetap dan hingga hari pencoblosan belum menerima surat undangan pemilih tetap bisa menggunakan hak suara dengan membawa identitas kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk atau KTP.

Mendekati hari pemungutan suara Pemilu Tahun 2024, KPU terus memastikan kesiapan dan berkoordinasi dengan lintas sektor terkait penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan iniini termasuk penertiban APK.

“Kami juga mempersiapkan masa tenang agar tertib dan kondusif dengan meminta seluruh peserta pemilu dan partai politik membersihkan alat peraga kampanye yang terpasang di tempat umum,” jelas Darwis.

Terkait logistik pemilu berupa kotak suara, kertas suara dan lain sebagainya, KPU Dumai mulai mendistribusikan pada 12 Februari 2024 ke 7 kantor kecamatan.

Logistik akan diinapkan semalam di kantor kecamatan, dan keesokan harinya atau 13 Februari 2024 mulai digeser ke semua TPS di masing masing wilayah RT se Kota Dumai.

“Diharapkan seluruh proses tahapan pemilu ini bisa berjalan baik tanpa kendala, agar pada hari pencoblosan semua sudah siap tidak ada kekurangan apapun,” demikian Ketua KPU Dumai Darwis.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai menetapkan Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024 sebanyak 231.485 orang tersebar di 36 kelurahan 7 kecamatan, dengan 925 tempat pemungutan suara (TPS).

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Tag :
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.