Logo Network
Network

Riau Diguyur Hujan Deras, BMKG : Hujan Berlangsung hingga Malam

Kholid Hidayat
.
Rabu, 06 September 2023 | 11:17 WIB
Riau Diguyur Hujan Deras, BMKG : Hujan Berlangsung hingga Malam
Ilustrasi hujan. (Foto : Freepik)

PEKANBARU, iNewsDumai.Id - Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, dan sekitarnya diguyur hujan deras pada Rabu (6/9/2023) pagi. Prakiraan cuaca ini sesuai yang dirilis BMKG Pekanbaru.

Forecaster BMKG stasiun Pekanbaru, Mia V mengatakan bahwa pagi ini potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Dumai, dan Pekanbaru.

Lalu, siang hingga sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kampar, Rokan Hulu, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Pekanbaru.

"Hingga malam hari masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir dan dini hari nanti udara diprakirakan kabur," kata Mia.

BMKG juga mengeluarkan waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi disebagian wilayah Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir,  Bengkalis, Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Dumai dan Pekanbaru pada pagi dan siang serta malam hari.

Sedangkan, untuk suhu udara berada diantara 23.0 – 33.0 °C, dengan kelembapan udara 50 – 98 %, angin bertiup dari Tenggara menuju Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Selain itu, prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah).

"Waspada gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 1.5 meter di wilayah Perairan Utara Bangka dan waspada potensi angin kencang yang dapat mencapai 25 Knots wilayah Perairan Riau," imbaunya.

Kemudian, untuk titik panas atau hotspot di wilayah Sumatera mencapai 543 titik. Yaitu Jambi 8, Bengkulu 4, Jambi 11, Lampung 79, Sumatera Barat 9, Sumatera Selatan 386, Kepulauan Riau 2, Bangka Belitung 44 dan Riau 8 titik panas.

"Adapun 8 titik panas di Riau tersebar di Kepulauan Meranti 6, Pelalawan dan Indragiri Hulu masing-masing terdapat 1 titik panas," tukasnya. 

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.