get app
inews
Aa Read Next : APBD-P Kabupaten Bengkalis Tahun 2023 Tertahan Di Pemprov Riau

BMKG Sampaikan Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Riau, Begini Katanya

Sabtu, 08 Juli 2023 | 10:40 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto : freepik)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Stasiun Pekanbaru merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, Sabtu (8/7/2023). Disampaikan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau. 

"Hujan akan mulai mengguyur Riau pada siang hari dan akan berlangsung hingga dini hari. Lalu, hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna. 

Dijelaskan dia, siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kampar, Rokan Hulu, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru.

Kemudian, kata dia, malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau. "Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, Kampar, Pelalawan dan Kota Dumai," katanya

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang," imbuhnya. 

Lebih lanjut disampaikan, bahwa potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Siak, Rokan Hilir, Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru pada siang, sore dan malam hari. 

"Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan Udara 55 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Timur - Selatan dengan kecepatan 10 – 30 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," tandasnya. 

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut