get app
inews
Aa
Read Next : APBD-P Kabupaten Bengkalis Tahun 2023 Tertahan Di Pemprov Riau

Target Belum Capai, Pelaksanaan Imunisasi Polio Ditambah 5 Hari Lagi

Senin, 13 Maret 2023 | 11:54 WIB
header img
Imunisasi polio. (Foto : media center )

DUMAI, iNewsDumai.Id - P0elaksanaan imunisasi polio bagi anak usia 0-59 bulan dan 4-59 bulan di 12 kabupaten/kota di Riau, sudah serentak dilaksanakan mulai Senin (6/3/2023) lalu. Namun, hingga saat ini, pelaksanaan imunisasi polio tersebut belum mencapai target yang diinginkan.

Dilansir dari Media Center Riau, Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin mengatakan, pelaksanaan imunisasi polio di provinsi Riau serentak dimulai 6 hingga 13 Maret. Namun, jumlah anak-anak yang menerima imunisasi belum mencapai target.

"Untuk anak-anak yang mendapatkan imunisasi polio masih dibawah target yang ditetapkan," katanya.

Karena itu, demikian Zainal, pelaksanaan imunisasi polio akan dilanjutkan selama lima hari kedepan dengan sistem sweeping, atau petugas akan mendatangi satu persatu rumah warga yang memiliki anak yang sudah harus mendapatkan imunisasi polio.

"Imunisasi polio akan dilanjutkan selama lima hari kedepan dengan sistem sweeping. Karena itu kami minta masyarakat untuk ikut mensukseskan program ini," ajaknya.

Dipaparkan Zainal, target anak-anak yang akan mendapatkan imunisasi polio di Riau sebanyak 1.245.338 anak.

Target imunisasi polio di Provinsi Riau tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Yakni pertama kelompok usia 0-59 bulan sebanyak 640.001 anak dan usia 4-59 bulan sebanyak 605.337 anak.

"Imunisasi polio ini penting dilakukan karena sudah ditetapkannya Kejadian Luar Biasa (KLB) polio Vaccine- Derived Polio Virus tipe 2 (VDPV2) di Kabupaten Pidie, Aceh Utara dan Bircun Provinsi Aceh. Provinsi Sumatera Barat dan Riau yang berdekatan dengan Provinsi Aceh dikategorikan sebagai provinsi yang berisiko tinggi terhadap penularan virus polio," ujarnya.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut