Logo Network
Network

Sekdaprov Riau Minta Seluruh Sektor Kerja Sama Sukseskan Crash Program Imunisasi Polio

Kholid Hidayat
.
Selasa, 28 Februari 2023 | 13:08 WIB
Sekdaprov Riau Minta Seluruh Sektor Kerja Sama Sukseskan Crash Program Imunisasi Polio
Sekdaprov Riau SF Hariyanto. (Foto : media center)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto minta organisasi perangkat daerah dan pihak terkait lainnya dari seluruh sektor agar bersinergi dan berkerja sama untuk mensukseskan Crash Program Penguatan Imunisasi Polio.

Dilansir dari Media Center Riau, Sekdaprov Riau, SF Hariyanto menerangkan “Dukungan dan peran serta semua pihak di jajaran pemerintahan dan segenap lapisan masyarakat sangat diperlukan agar cakupan pelaksanaan crash program di Riau mencapai 95 persen,”.

Dilaporkannya pada tahun 2020, capaian imunisasi dasar lengkap (IDL) Provinsi Riau ialah sebesar 48,8 persen. Kemudian menjadi 70 persen pada tahun 2021.

“Pada tahun 2022 mengalami peningkatan yaitu 82,3 persen. Namun belum mencapai target nasional yaitu 90 persen” terangnya di Hotel Novotel. (28/2/2023).

Dalam upaya penemuan virus polio di Provinsi Riau, pihaknya telah melakukan pencarian dan pelaporan kasus Acute Flaccid Paralysis (AFP) degan target sebanyak 80 kasus.

“Tahun 2022 capaian penemuan kasus AFP 52 kasus. Dengan capaian non-polio AFP rate sebesar 1,69/100.000 penduduk anak usia kurang dari 15 tahun yang belum mencapai target yang ditetapkan,” jelas Sekda.

“Artinya, anak - anak kita belum semua memiliki perlindungan yang lengkap terhadap virus polio,” imbuhnya.

SF Hariyanto menuturkan capaian imunisasi ini termasuk bagian indikator kinerja pemerintah sehingga perlu menjadi prioritas.

“Serta fokus kita bersama dikarenakan cakupan imunisasi yang rendah berpotensi menimbulkan kejadian luar biasa (KLB),” katanya.

“Selain itu imunisasi juga merupakan intervensi kunci dalam upaya kita mencegah stunting di Provinsi Riau,” tutup SF Hariyanto.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini