get app
inews
Aa Read Next : Anggaran Bansos Naik, PPP: Harus Transparan, Akuntabel, dan Efektif dalam Pengentasan Kemiskinan

Berikut Bansos yang Cair di 2023, Masyarakat Bisa Kantongi Jutaan Rupiah

Jum'at, 06 Januari 2023 | 09:14 WIB
header img
Ilustrasi.

DUMAI, iNewsDumai.Id - Sejumlah bantuan sosial (bansos) yang dicairkan pada 2023 untuk membantu daya beli masyarakat.

Di mana anggaran bansos ini masuk ke dalam anggaran perlindungan sosial (perlinsos) pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2023 sebesar Rp479,1 triliun.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa anggaran perlindungan sosial dialokasikan sebesar Rp479,1 triliun untuk membantu masyarakat miskin dan rentan memenuhi kebutuhan dasarnya.

Dirangkum Okezone, berikut fakta bansos yang cair di 2023:

1. Program Kartu Sembako

Kartu Sembako bagi 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) senilai Rp200.000

2. Kartu Prakerja

Pemerintah telah mengumumkan program Kartu Prakerja kembali dilanjutkan pada 2023. Pemerintah akan menambah anggaran sebesar Rp5 triliun dengan target 1,5 juta orang.

Adapun dalam tahun depan, skema Kartu Prakerja 2023 akan berbeda salah satunya dari sisi bantuan yang akan diterima peserta. Adapun besaran bantuan yang diterima peserta senilai Rp4,2 juta per individu.

Rinciannya berupa bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

3. BLT Dana Desa

Kementerian Dalam Negeri melalui pemerintah Desa telah menyiapkan dana 25% dari Anggaran Dana Desa pada 2023 yang akan dibagikan kepada masing-masing masyarakat kelas bawah sebesar Rp300.000 setiap bulannya.

4. PIP Kemendikbud Ristek

Kementerian Pendidikan akan mengalokasikan dana kepada 17,9 juta siswa di seluruh wilayah Indonesia mulai dari SD hingga SMA. Para pelajar akan diberikan dana yang harus digunakan untuk menunjang pembelajaran.

Artikel ini telah dimuat oleh Okezone dengan judul Sederet Bansos yang Cair di 2023, Masyarakat Bisa Kantongi Jutaan Rupiah

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut