get app
inews
Aa Read Next : Polsek Dumai Barat Adakan Sosialisasi Bertujuan Menjaga Kodusifitas Jelang Pilkada

Dicurhati Warga Soal Pengangguran, Ini Jawaban Bacawako Ferdiansyah

Rabu, 11 September 2024 | 13:32 WIB
header img

DUMAI, iNewsDumai.id - Bakal Calon (Bacalon) Wali Kota Dumai, Ferdiansyah SE, Selasa (10/09/2024) malam memenuhi undangan audiensi warga

Malam itu, Ferdiansyah yang didampingi Ketua Koalisi Partai Pengusung Ferdiansyah - Soeparto, Edison, menerima keluhan warga soal anak-anak mereka yang masih banyak menganggur. Padahal anak-anak mereka tidak hanya ber KTP Dumai, bahkan lahir dan besar di Dumai.

"Perda Tenaga Kerja Lokal seperti tak ada gunanya pak. Anak-anak kami tetap saja menganggur. Kalah dengan orang-orang yang baru kemaren mendapatkan KTP Dumai," kata Sunanto.

Sopian, mengungkapkan hal yang sama. Meski memiliki keterampilan yang dibutuhkan, masih kalah bersaing karena dengan warga dari luar Dumai.

"Bapak nanti bisa cek lah. Apakah memang sudah terpenuhi unsur tujuh puluh persen untuk anak-anak tempatan itu," kata Sopian.

Sementara emak-emak yang diwakili  Herlina mengeluhkan soal pendidikan gratis yang masih terasa mahal. Terutama saat tahun ajaran baru yang harus memenuhi seragam sekolah yang dirasakan cukup banyak dan mahal. Begitu juga dengan buku penunjang.

Menjawab keluhan warga ini, Ferdiansyah mengatakan bahwa Ia dan pak De Parto sudah menyiapkan sejumlah program aksi jika mereka terpilih sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Dumai periode 2025 - 2030.

Jika terpilih nanti, Lanjut Ferdi, Ia  akan merevisi Perda Naker Lokal agar benar-benar berpihak kepada anak-anak tempatan.

"Di komposisi 70 persen itu akan kami pertegas. Prioritas kepada anak tempat yang lahir dan besar di Dumai. Tidak hanya ber KTP saja, juga akta lahirnya di Dumai. Atau setidaknya ada rentang waktu cukup lama bertempat tinggal di Dumai," kata pria kelahiran Dumai, 19 Maret 1974 ini.

Ia juga akan mendirikan politeknik dengan keahlian yang dibutuhkan pasar kerja dan mengintensifkan pelatihan keterampilan bagi anak-anak Dumai yang baru tamat sekolah.

"Soal seragam dan buku, Kami akan menggratiskan seragam sekolah mulai SD hingga SMP. Begitu juga buku-buku LKS. Anggaran yang cukup besar yang dimiliki Dumai harus digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat," pungkas Ferdi.

Audiensi ini dihadiri ratusan warga. Mayoritas emak-emak. Sebelumnya, Bacalon Wakil Wali Kota H. Soeprato juga melakukan audiensi dengan ratusan warga di lokasi sebelahnya.

Sejumlah warga mengungkapkan tekad mereka untuk memenangkan pasangan Ferdiansyah dan H. Soeparto di tempat mereka di Atas 65 persen. Karena mereka sudah sangat mengenal pasangan ini.

"Pasangan ini tidak asing lagi bagi kami. Sangat terkenal dengan jiwa sosial dan kedermawanannya. Kami dengan sukarela siap untuk memberikan suara dan memenangkan," ujar Sopian.

Editor : Ari Susanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut