get app
inews
Aa Read Next : Kegiatan Dipimpin Oleh Kapolres Dumai Ditujukan Kepada Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota

Walikota Membuka Kejurkot Dumai 2024, Koni Optimis Untuk Porprov 2026

Sabtu, 13 Juli 2024 | 23:43 WIB
header img

DUMAI, iNewsDumai.id - Kejuaraan Kota (Kejurkot) Dumai kali ini mendulang atlet sebanyak 2.175 atlet dari 18 cabang olahraga, Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS,. berharap Kejurkot Dumai ini menjadi barometer menghadapi Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Riau XI tahun 2026.

“Kami berharap penuh bertanding dengan sportivitas, sehingga muncul bibit-bibit baru. Kejurkot ini kami harapkan menjadi barometer menghadapi Porprov Riau 2026,” ucap Paisal usai membuka Kejurkot Dumai 2024, Sabtu (13/07/2024) petang di halaman Mall Pelayanan Publik (MPP).

Pada Acara ini hadir pula pada pembukaan tersebut Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Antony Tri Wibowo, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, Sekda Kota Dumai H. Indra Gunawan, Ketua Umum DPH LAMR Dumai Datuk Seri H. Zamhur Egab, Wakil Ketua II KONI Riau Sanusi Anwar, Kabid Binpres KONI Riau Amrisal Amir dan kepala Diskopar Dumai Nurzerwan.

Paisal sendiri mengapresiasi upaya KONI Kota Dumai dalam mengajukan olahraga melalui Kejurkot dan ivent olahraga lainnya. Dan beliau juga melihat olahraga di Kota Dumai saat ini tengah bangkit dengan perkembangan prestasi yang cukup baik.

“Baru saja pada pekan olah raga pelajar se provinsi Riau kita berada di peringkat keempat. Kepada pelatih kami melihat bahwa ternyata banyak potensi atlet di Kota Dumai," kata Paisal.

Untuk mensupport perkembangan olah raga di Kota Dumai, Paisal mengemukakan bahwa Pemko Dumai yang dibantu Pemprov Riau akan terus menambah beberapa venue olahraga di Kota Dumai.

“Untuk mendukung prestasi olah raga, tahun depan kami mensuport KONI Dumai melalui dana hibah sebesar 9 milyar. Dana ini kami harap dapat memacu prestasi atlet dimana tiap cabang olahraga tak perlu pusing memikirkan dana pembinaan,” katanya. 

Wakil Ketua II KONI Riau Sanusi Anwar mengemukakan, Dumai merupakan kabupaten kota pertama di Riau yang menyelenggarakan Kejurkot dan kejurkab.

Ketua KONI Kota Dumai Agustiawan menyampaikan "Kejurkot  Dumai terakhir kali dilaksanakan tahun 2021. Selajutnya melangkah kepada Porprov di tahun 2022 dan baru di tahun 2024 ini dilaksanakan Kejurkot".

“Kejurkot ini merupakan salah satu bentuk kesiapan dari seluruh cabang olahraga yang nanti akan dipertandingkan pada tahun 2026," lanjutnya. 

Ada 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Porprov 2026. Dari jumlah itu, 20 cabang olahraga itu akan dilaksanakan di Kota Dumai.

Melalui Kejurkot ini akan diketahui dan dipetakan bagi sejauh mana sejak persiapan dan kesiapan masing-masing cabang untuk bertanding pada Porprov 2026.

“Dan hari ini kami merasa bangga sekali ketika melihat hadir atlet junior kita yang diharapkan nantinya mampu menjadi penerus dan estafet untuk meraih prestasi olahraga bagi Kota Dumai,” katanya.

Ketua panitia Kejurkot Dumai, Abdul Kadir Jaelani mengungkapkan, Kejurkot Dumai diikuti 2.175 atlet dari 18 cabang olahraga.

“Mereka akan bertanding di 118 nomor pertandingan sejak hari ini hingga 17 Juli mendatang,” terang Abdul Kadir.

Cabang yang dipertandingkan meliputi cabang Kempo, Pencak Silat, Karate, Tarung Derajat, Renang, Atletik, Catur, Panahan, Menembak, Tenis Lapangan, Bulu Tangkis, Bola Tangan, Pentanque, Bola Voli, Bola Basket, Tenis Meja, Sepak Bola, Futsal dan Bina Raga. 

Editor : Ari Susanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut