Logo Network
Network

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Polres Dumai Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024

Ari Susanto
.
Rabu, 03 April 2024 | 14:25 WIB
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Polres Dumai Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024

DUMAI, iNewsDumai.id -  Dalam rangka pengamanan dan memantau arus mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Polres Dumai menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 di Halaman Mapolres Dumai Jalan Jendral Sudirman, Rabu (3/4/2023).

Apel gelar pasukan tersebut dihadiri oleh Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS diwakili Kepala Dinas Kesehatan dr. Syaipul, SKM, Dandim 0320/Dumai Letkol (Inf) Antony Tri Wibowo, Dan Den Arh Rudal 004/WSBY Kapten (Arh) Heris Adi Retno, S.S.T, Han, Kapten Kapal Basarnas Pekanbaru Pos Dumai Capt. Leni Tadika, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Dumai H.T. Silitonga, Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M, para Pejabat Utama Polres Dumai dan tamu undangan lainnya.

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si selaku pimpinan apel membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, yang menyampaikan pentingnya sinergi antara TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan arus mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Survei Indikator menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 meningkat menjadi 89,5 persen, jumlah tersebut mengalami kenaikan mencapai 15,7 persen dibanding tahun sebelumnya. Hal ini mencerminkan apresiasi masyarakat atas upaya bersama dalam pengamanan arus mudik yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Operasi yang akan berlangsung selama 13 hari terhitung mulai tanggal 4 hingga 16 April 2024 ini melibatkan 5.784 pos, termasuk pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu, yang tersebar di jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Pelayanan prima dan pengamanan optimal diharapkan dapat diberikan melalui pos-pos tersebut.

Selain mengamankan arus lalu lintas dan situasi Kamtibmas, Polri juga mengintensifkan kegiatan patroli guna menjamin stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok serta Bahan Bakar Minyak (BBM) agar tetap terjaga. Koordinasi antar-stakeholder juga terus ditingkatkan guna menjaga stok dan harga tetap stabil.

Komunikasi publik yang efektif juga menjadi fokus, dengan menyediakan informasi yang diperlukan melalui berbagai saluran komunikasi agar masyarakat dapat merencanakan perjalanan mereka dengan nyaman. Semua upaya tersebut diharapkan dapat menghasilkan “mudik aman, ceria, penuh makna”, serta mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat selama momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepada seluruh personel pengamanan dan stakeholder terkait, Kepolisian Negara Republik Indonesia mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dalam mendukung Operasi Ketupat 2024. Sinergi antar-stakeholder terkait diharapkan menjadi kunci keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia juga mengucapkan ‘Selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah’ kepada seluruh umat Islam yang merayakan. "Semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Dumai menyampaikan bahwa sekitar 128 personel Polres Dumai dan Polsek Jajaran Polres Dumai akan diterjunkan dan disebar pada 2 Pos Pengamanan dan 3 Pos Pelayanan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024.

"Adapun penempatannya adalah Pos Pengamanan Dumai Islamic Center (DIC), Pos Pengamanan Gerbang Tol Dumai - Pekanbaru, Pos Pelayanan Terminal AKAP, Pos Pelayanan Pelabuhan Internasional Pelindo I Cabang Dumai dan Pos Pelayanan Pelabuhan Roro Bandar Sri Junjungan Kota Dumai," papar Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.M.

Adapun hal tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama libur Lebaran. Dan Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K M.Si menyatakan komitmennya untuk memberikan pelayanan dan perlindungan terbaik kepada seluruh masyarakat khususnya Kota Dumai.

"Tak hanya itu, Polres Dumai juga mengintensifkan pelaksanaan patroli dan kegiatan pengamanan guna menjaga situasi Kamtibmas dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat dengan sasaran 81 Mesjid Prioritas, 4 Kawasan Wisata, 2 Mall, Jalan Tol Dumai - Pekanbaru, Terminal AKAP dan 2 Pelabuhan," pungkasnya.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.