Logo Network
Network

Jelang Pemilu 2024, Kapolres Dumai Lakukan Pengecekan Gudang Logistik KPU Kota Dumai

ari Susanto
.
Kamis, 04 Januari 2024 | 08:47 WIB
Jelang Pemilu 2024, Kapolres Dumai Lakukan Pengecekan Gudang Logistik KPU Kota Dumai
Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H., S.I.K., M.Si, Lakukan Pengecekan Gudang Logistik KPU Kota Dumai Jalan Abdul Rabkhan KM. 5 Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan dan Perketat Pengamanan di Lokasi Jelang Pemilu 2024

DUMAI, iNewsDumai.id - Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H., S.I.K., M.Si mengecekan Gudang Logistik KPU Kota Dumai Jalan Abdul Rabkhan KM. 5 Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan dan perketat pengamanan di lokasi menjelang Pemilu 2024, Rabu (3/1/2024).

Dalam pengecekan tersebut, Kapolres Dumai didampingi Kabag Ops Polres Dumai Kompol Mahendra Yudhi Lubis, S.H., M.H dan Kasat Intelkam Polres Dumai AKP Sarasi Sijabat, S.H.

Dalam pelaksanaan pesta demokrasi, Polri memegang peran yang sangat sentral sebagai penanggungjawab dalam bidang Kamtibmas, Polri berkewajiban mengamankan setiap tahapan Pemilu yang sudah ditetapkan oleh KPU RI. Setiap tahapan tentunya memiliki potensi ancaman dan kerawanan yang berbeda-beda, oleh karena itu Polri terus melakukan mitigasi, untuk mengantisipasi berbagai gangguan yang muncul.

Dalam rangka menjawab tantangan tugas dan memastikan kesiapan pelaksanaan Pemilu 2024, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H., S.I.K., M.Si melakukan strategi khusus untuk menjamin keamanan logistik Pemilu seperti surat suara, kotak suara, dan perlengkapan Pemilu lainnya yang disimpan dan dikelola sebelum di distribusi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Salah satunya melakukan pengecekan langsung ke Gudang Logistik KPU Kota Dumai, memetakan daerah rawan dan memperketat pengamanan di lokasi untuk memastikan tidak ada permasalahan atau gangguan yang dapat mempengaruhi proses penyimpanan dan distribusi logistik Pemilu.

Kemudian pengecekan ini juga merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata (OMB) Lancang Kuning 2023-2024 Polres Dumai dan Cooling System guna terwujudnya Pemilu Damai 2024. Di lokasi tersebut, Kapolres Dumai melakukan pengecekan CCTV, kelistrikan, ventilasi udara, serta sarana dan prasarana di gudang penyimpanan logistik Pemilu tersebut.

“Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya permasalahan atau potensi gangguan yang dapat mempengaruhi proses penyimpanan dan distribusi logistik Pemilu 2024,” kata Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H., S.I.K., M.Si.

Kapolres Dumai juga mengecek kesiapan petugas pengamanan Gudang Logistik KPU dan memberikan atensi terhadap personelnya agar selalu waspada terhadap situasi yang ada.

“Kita tidak boleh underestimate, walau situasi di Kota Dumai relatif aman. Namun kita harus selalu waspada dan jangan lengah,” tegasnya,

AKBP Dhovan Oktavianton, S.H., S.I.K., M.Si, mengingatkan pentingnya menjaga keamanan dan integritas dalam penyelenggaraan Pemilu. Dia berharap Pemilu tahun 2024 khususnya di Kota Dumai akan berjalan lancar, aman, damai dan demokratis, serta seluruh masyarakatdapat berpartisipasi dengan tenang dan merasa percaya terhadap proses Pemilu, dan kegiatan pengecekan ini adalah salah satu langkah nyata yang dilakukan Kapolres Dumai untuk mencapai tujuan tersebut.

Usai melakukan kunjungan ke Gudang Logistik KPU Kota Dumai, rombongan juga bergerak ke Kantor Bawaslu Kota Dumai Jalan Putri Tujuh Kelurahan Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur. Di sana Kapolres Dumai melakukan pertemuan dan koordinasi dengan pihak Bawaslu Kota Dumai perihal persiapan Pemilu 2024 dan langkah-langkah dalam penegakan hukum pelanggaran Pemilu.

"Polres Dumai bersama pihak penyelenggara seperti KPU Kota Dumai dan Bawaslu Kota Dumai telah memetakan daerah rawan dan sangat rawan. Sangat rawan misalnya adalah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada didaerah terluar Kota Dumai yang berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hilr. Dan dalam hal ini, kami terus bekerjasama dan berkoordinasi dalam pelaksanaan pengawasan yang lebih ekstra demi menciptanya Pemilu Damai 2024," tutup Kapolres Dumai.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.