Logo Network
Network

Iwan Ziro Resmi Dilantik dan Nahkodai Organisasi Pers DPC PPDI Kota Dumai

ari Susanto
.
Kamis, 12 Oktober 2023 | 08:06 WIB
Iwan Ziro Resmi Dilantik dan Nahkodai Organisasi Pers DPC PPDI Kota Dumai

DUMAI, iNewsDumai.id - Pengurus Perkumpulan Pers Daerah Seluruh Indonesia (PPDI) Kota Dumai masa bakti 2023-2026 dilantik oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat PPDI Feri Sibarani, STP, SH. Rabu (11/10/2023) di Gedung Pendopo Jalan Putri Tujuh.

Ketua Umum DPP PPDI dalam sambutannya mengatakan, menjadi konsen kami dari PPDI terhadap Pers, khususnya di Indonesia. Selain Pers harus meningkatkan kualitas manusia, dan konten berita, maka insan pers, atau wartawan dan perusahaan pers perlu beradaptasi terhadap keadaan dan kondisi real saat ini, tanpa meninggalkan prinsip-prinsip utama yaitu, kemerdekaan Pers yang menjadi semangat baru dalam Dunia Pers pasca Reformasi Indonesia tahun 1998 lalu.

Untuk itu PPDI menurut Feri Sibarani, perlu selalu menekankan beberapa hal kepada seluruh anggota dan atau insan pers yang ada di lingkungan PPDI. Pertama kita harus berubah dan turut berpacu dengan semua perkembangan sains yang terjadi dalam dunia teknologi informasi, jika ingin mendapatkan audiens dari masyarakat dunia.

Kemudian disebutkan Feri, PPDI mengusung konsep bahwa pers adalah sebuah profesi dan dunia keahlian, sehingga sangat urgent untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan setiap wartawan. 

"Kita tidak boleh berfikir konservatif, atau primitif soal Dunia Pers. Kita tidak hanya berkutat hanya pada soal kebebasan Pers yang harus dijamin oleh negara. Tetapi persoalan kita yang lebih penting saat ini adalah bagaimana mewujudkan profesi pers sebagai sumber informasi utama dan terpercaya bagi masyarakat dunia. Diperlukan implementasi profesi pers yang sesungguhnya. Menciptakan kesejahteraan hidup bagi setiap wartawan dan perusahaan pers. Inilah program utama PPDI ke depan," kata Ketua Umum DPP PPDI, Feri Sibarani. 

Mewakili pengurus yang akan dilantik, Ketua DPC PPDI Dumai Iwan Ziro, pada sambutannya menegaskan bahwa PPDI hadir bukan hanya sebagai organisasi pers saja, namun juga sebagai wadah untuk menjalankan serta mengontrol tugas-tugas jurnalistik sesuai dengan pedoman dan peraturan kewartawanan.

“Kami siap mengemban amanah yang telah diberikan kepada kami. Kami akan bekerja keras untuk memajukan pers di Kota Dumai,” jelas Iwan Ziro.

Acara tersebut dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan yang dibacakan oleh Sekretaris Jendral Jonni P Simaremare dan sementara pelantikan pengurus DPC PPDI Kota Dumai dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP PPDI Feri Sibarani, ia pun menaruh kepercayaan penuh atas pengurus yang baru dilantik untuk menjalankan tugas dan fungsi sebaik mungkin

"Saya mengucapkan selamat kepada pengurus DPC PPDI Kota Dumai yang baru dilantik. Saya berharap, pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional," kata Feri Sibarani.

Ari Susanto selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya mengaku bersyukur atas berhasilnya pelaksanaan pelantikan pengurus DPC PPDI Kota Dumai dengan Masa Bhakti 2023-2026.

“Alhamdulillah, acara pelantikan pengurus DPC PPDI Kota Dumai masa bakti 2023-2026 dapat terlaksana dengan baik. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara ini,” ujar Ari Susanto.

Pelantikan ini dihadiri oleh Walikota Dumai H. Paisal SKM Mars yang diwakili oleh Asisten III Walikota Bidang Administrasi Umum Muhammad Syafie S.Sos, M.Si, Ketua Umum DPP-PPDI Feri Sibarani STP SH beserta jajaran pengurus DPP, Kapolres Dumai, Kejari Dumai, Kodim 0320, Dan Lanal, Dan POM, Kapolsek Dumai Timur, Ketua MPC PP yang diwakili oleh KOTI PP Kota Dumai, Ketua KNPI Provinsi Fuad Santoso, perwakilan dari Forkopimda serta organisasi kepemudaan dan masyarakat dan instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota Dumai yang diwakili oleh Asisten III Walikota Bidang Administrasi Umum Muhammad Syafie, S.Sos, M.Si, menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus DPC PPDI Kota Dumai yang baru dilantik.

"Saya berharap, pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan mampu bersinergi dengan pemerintah daerah untuk membangun Kota Dumai," tutur Muhammad Syafie.

Selaku Ketua KNPI Provinsi Riau Fuad Santoso turut menyampaikan apresiasi kepada pengurus DPC PPDI Kota Dumai yang telah menggelar pelantikan pengurus.

"Saya berharap, pengurus DPC PPDI Kota Dumai dapat menjadi mitra strategis pemerintah daerah dan masyarakat dalam membangun Kota Dumai," pungkas Fuad Santoso.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini