get app
inews
Aa
Read Next : Kali Ini Komunitas House Of Gurupu Bantu Bencana Kebakaran

Kilang Minyak Pertamina RU II Dumai Meledak dan Terbakar

Minggu, 02 April 2023 | 01:50 WIB
header img
Kilang minyak Pertamina RU II Dumai, Riau, meledak dan terbakar. (Foto: Tangkapan layar)

RIAU, iNews.id - Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina RU II Dumai, Kota Dumai, Riau, meledak pada Sabtu (1/4/2023) malam sekitar pukul 22.44 WIB.

Dari video yang beredar terlihat kobaran api membumbung tinggi ke udara. Tampak banyak warga panik berhamburan keluar rumah dan berkerumun di gerbang kilang untuk melihat kejadian itu.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, ledakan disusul kebakaran terjadi di Dapur Kilang Pertamina RU II Dumai. Belum diketahui pasti apa penyebab kebakaran.

Ledakan Cukup Keras

Kapolres Kota Dumai AKBP Nurhadi membenarkan terjadi ledakan dan kebakaran di Kilang Pertamina Dumai itu. "Iya benar. Ini lagi di TKP (tempat kejadian perkara)," kata Kapolres Kota Dumai.

Sementara itu, Ali, warga Dumai mengatakan, sebelum terbakar, terdengar suara ledakan cukup kuat. "Ledakan cukup keras," ujar Ali. Bahkan dentuman keras itu disertai getaran.

Dari pantauan di Dumai, warga terdekat kilang minyak yang berada Kelurahan Jaya Mukti dan Tanjung Palas berhamburan keluar rumah. 

Ratusan warga berdesakan di pintu gerbang kilang minyak untuk melihat kondisi sebenarnya. Penjagaan kilang minyak Pertamina Dumai saat itu langsung diperketat oleh petugas kepolisian dan TNI untuk memblokir warga yang mendekat.

Selain itu, terpantau arus lalu lintas di sekitar kilang minyak di Jalan Putri Tujuh menjadi macet total karena banyak kendaraan berhenti.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi manajemen Pertamina, namun terlihat juga unit pemadam kebakaran dan ambulans mondar-mandir melaju dengan kecepatan tinggi di dalam areal kilang minyak.

Banyak warga melaporkan terdengar bunyi letupan keras berdentum dan menggetarkan perabotan rumah. 

Dilaporkan juga ledakan terdengar juga sampai ke Pulau Rupat. Masjid Takwa di Jalan Sudirman Dumai juga terdampak akibat insiden di dalam kilang minyak Dumai ini.

"Plafon rumah warga di belakang kilang minyak juga banyak yang runtuh, dan dinding retak retak, kaca rumah pecah," kata Alex, warga setempat.

Sementara itu, Humas Pertamina Dumai Agustiawan saat dikonfirmasi wartawan mengaku belum bisa menyampaikan keterangan dan segera menyiapkan pernyataan resmi terkait hal itu.

"Kami belum tahu persis. Nanti kami sampaikan rilisnya," kata Agus

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut