Logo Network
Network

Gubernur Riau: Tidak Boleh Lalai, Riau Harus Miliki SDM Unggul

Kholid Hidayat
.
Jum'at, 10 Maret 2023 | 14:39 WIB
Gubernur Riau: Tidak Boleh Lalai, Riau Harus Miliki SDM Unggul
Gubenur Riau (Gubri) Syamsuar. (Foto : Ist)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Gubenur Riau (Gubri) Syamsuar menginginkan Provinsi Riau harus memiliki kualitas sumber daya manusia yang unggul dimasa yang akan datang. 

Dilansir dari Media Center, orang nomor satu di Riau ini menegaskan kepada para pelajar di Bumi Lancang Kuning, bahwa tidak zamannya lagi berpuas diri dengan nilai yang di dapatkan di bangku pendidikan ataupun perkuliahan. 

"Kita tidak boleh lalai, bahwa kita dimasa yang akan datang harus memiliki kualitas SDM yang unggul. Tidak masanya lagi kita seperti masa lalu, kalau kuliah, selesai dengan nilai yang didapat, ya sudahlah. Tidak zamannya lagi," tegas Gubri di Pekanbaru, Jumat (10/3/2023). 

Untuk bisa bersaing dengan bangsa lain, maka menurut Syamsuar, sumber daya manusia harus berkualitas, jika tidak Indoneesia akan kalah saing. 

Pendidikan vokasi, dinilai Gubernur Syamsuar adalah jalan yang tepat untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Melalui pendidikan vokasi, bisa meningkatkan pendidikan kapasitas SDM agar lebih produktif dan lebih kompetitif. 

Gubri melihat, beberapa negara telah menerapkan pendidikan vokasi dan itu dinilai berhasil dalam membentuk karakter sumber daya manusia yang berkualitas, negara yang dimaksud Gubri yaitu Korea Selatan dan Singapura. 

Vokasi merupakan pendidikan tinggi yang lebih fokus pada praktik kerja yang dapat menunjang keahlian di bidang studi tertentu. Mahasiswa program diploma akan banyak belajar tentang hal-hal yang membantu dalam keterampilan teknis. 

"Kalau kita tidak bersikap terhadap dunia pendidikan, kita biasa-biasa saja, pasti kita akan kalah saing," imbuhnya.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.