get app
inews
Aa
Read Next : Muslimverse 2022: Panggung Anak Muda Bicara Moderasi Beragama hingga Ekonomi Umat

10 Bahaya Ghibah atau Bergosip yang Tak Disadari Kaum Wanita, Waduh Dosanya Lebih Besar dari Zina

Selasa, 04 Oktober 2022 | 13:25 WIB
header img
ilustrasi - bahaya ghibah atau bergosip (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsDumai.id - Bahaya ghibah, bergunjing atau bergosip ternyata jarang disadari oleh kaum wanita. Namun aktivitas ini masih saja dilakukan oleh para wanita, padahal terkandung dosa yang cukup besar.

Kegiatan berghibah atau bergosip sering ditemui di lingkungan sekitar. Misalnya ibu-ibu saat berbelanja sayur di tukang sayur keliling, bertemu saat arisan, atau saat menunggui anaknya di sekolah, sering terlihat bergosip dan membicarakan orang lain ataupun gosip para artis. Seolah sudah menjadi rutinitas harian, namun terkandung bahaya cuykup besar.

Dalam bukunya "100 Dosa yang Sering Diremehkan Wanita", Abdul Lathif bin Hajis Al-Ghomidi menyebutkan bahwa ghibah adalah dosa yang sering diremehkan kaum wanita. Parahnya lagi, pada saat ini telah banyak sekali acara televisi yang membahas mengenai gosip-gosip para artis, dan juga akun-akun gosip di media sosial.

Tak hanya itu, dalam sebuah hadits pun Rasulullah SAW pernah mengungkapkan soal bahaya ghibah atau bergosip.

Dari Abu Bakroh RA diriwayatkan, Rasulullah SAW pernah melewati dua kuburan, kemudian bersabda : "Sesungguhnya keduanya sedang disiksa. Keduanya disiksa bukan karena dosa besar. Yang pertama disiksa karena masalah buang air, sedangkan yang satunya disiksa karena ghibah".

Tak hanya itu, perbuatan ghibah atau bergosip ini diibaratkan seperti memakan daging saudara sendiri.

Dalam sebuah hadits dari Abdullah bin Mas'ud RA meriwayatkan bahwa, "Ketika kami tengah bersama Nabi SAW, tiba-tiba ada seorang berdiri. Setelah itu ada seseorang yang mencela orang tersebut. Maka Nabi SAW bersabda,: "Bersihkanlah sela-sela gigimu!" Dia menimpali, "Mengapa harus aku bersihkan? Padahal aku tidak memakan daging!"

Beliau bersabda, "Namun engkau baru saja memakan daging saudaramu".

Dari Jabir bin Abdillah RA diriwayatkan bahwasanya ia berkata "Ketika kami sedang bersama Nabi SAW, tiba-tiba tercium bau busuk. Maka Rasulullah SAW bersabda; "Tahukah kalian bau apa ini? Ini adalah bau orang-orang yang mengghibah (membicarakan kejelekan) kaum mukminin".

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut