4 Raja dan Ratu Monarki Terlama di Dunia, Sultan Brunei Pegang Rekor Pasca Ratu Elizabeth II Wafat

Hikmatul Uyun
.
Selasa, 13 September 2022 | 12:59 WIB
Raja dan ratu monarki terlama di dunia, setelah Ratu Elizabeth II wafat, Sultan Brunei pemegang rekor. foto: iNewsNetwork/Yuyun HU

BRUNEI, iNewsDumai.id - Berikut 4 raja dan ratu pemimpin monarki terlama dalam sejarah dunia. Nama Sultan Brunei, yakni Sultan Hassanal Bolkiah menjadi pemegang rekor pasca Ratu Elizabeth II wafat.

Seperti diketahui, Ratu Elizabeth II pemimpin Kerajaan Inggris meninggal dunia, pada Kamis (8/9/2022) di usianya yang ke-96 tahun. Ratu Elizabeth II sudah memerintah Inggris dan negeara-negara persemakmurannya selama 70 tahun atau 7 dekade.

Sebelum meninggal, Ratu Elizabeth II merupakan ratu terlama di dunia. Tepatnya pada Juni 2022, Ratu Elizabeth II merayakan ulang tahun ke-70 kenaikan takhta atau platinum jublilee.

Pasca Ratu wafat, anak sulungnya, Raja Charles III pun naik tahta menjadi pemimpin Kerjaan Inggris di usia 76 tahun.

Di sisi lain, pasca wafatnya Ratu Elizabeth II, ada beberapa pemimpin dunia yang siap memecahkan rekor jadi pemimpin monarki terlama.

Deret Raja dan Ratu Monarki Terlama Pasca Ratu Elizabeth II Wafat

1. Sultan Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah


Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah yang memiliki 7.000 mobil, armada jet pribadi dan beragam aset kekayaan lain. Foto/REUTERS

Sultan Darussalam Hassanal Bolkiah kini menjadi pemimpin monarki terlama di dunia yang masih berkuasa pascawafatnya Ratu Elizabeth II. Sultan Hassanal Bolkiah naik takhta pada 1967 atau sudah memerintah selama 54 tahun dan 340 hari.

Sementara itu Ratu Elizabeth II memerintah selama 70 tahun lebih sejak naik takhta pada 1952 hingga wafat pada Kamis (8/9/2022).

Sultan Hassanal Bolkiah dilaporkan berteman baik dengan Ratu Elizabeth II.

Brunei dan Inggris menjalin hubungan dekat ditandai dengan beberapa kerja sama seremonial. Selain itu anggota Kesultanan Brunei juga memegang beberapa posisi kehormatan di Angkatan Bersenjata Inggris.

Sultan Hassanal Bolkiah juga sudah dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth II. Gelar serupa juga diberikan kepada ayah Sultan Hassanal Bolkiah.  Kedua pemimpin itu juga telah bertemu pada beberapa kesempatan di Ibu Kota London maupun Bandar Seri Begawan.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini