Hati-hati, Link Pendaftaran dan Pencairan Bansos BLT PKH Tahap 3 yang Beredar Ternyata Hoaks

Kholid Hidayat
.
Selasa, 06 September 2022 | 07:46 WIB
Ilustrasi bantuan sosial (bansos).(Foto: Ist)

DUMAI, iNewsDumai.id - Belakangan beredar pesan berantai berupa link pendaftaran dan pencairan BLT PKH Tahap 3. Pesan tersebut tersebar di berbagai media sosial sejak dua pekan lalu.

Pesan yang berisi link pendaftaran dan pencairan dana BLT PKH tahap 3 berisi tentang informasi pribadi yang harus dimasukkan untuk mendapatkan bantuan. Pesan tersebut banyak disebarkan melalui WhatsApp, Facebook, dan juga Telegram.

Kementerian Sosial melalui laman Instagram @kemensosri ikut menanggapi laman tersebut dalam unggahannya. Kemensos secara tegas mengatakan bahwa link pendaftaran dan pencairan BLT PKH tahap 3 yakni https://pkh38.my.id yang beredar adalah hoaks.

Kemensos menyebut bahwa masyarakat nantinya akan diminta untuk memasukkan NIK dan beberapa data diri. Namun perlu ditegaskan bahwa Kemensos tidak pernah membuat link tersebut sebagai laman untuk pendaftaran dan pencairan BLT PKH tahap 3.

Perlu diketahui bahwa pendaftaran BLT PKH hanya dapat dilakukan melalui kelurahan setempat ataupun melalui aplikasi resmi Cek Bansos yang dimiliki oleh Kemensos. Adanya link tersebut membuat Kemensos menghimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dalam mencari sumber informasi khususnya tentang bantuan sosial.

Dalam hal ini, Kemensos mengatakan bahwa pencairan dana BLT PKH tahap 3 sedang berprogres untuk dicairkan kepada masyarakat. Penerima manfaat bansos BLT PKH tahap 3 hanya diberikan kepada masyarakat yang terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS.

Unggahan tersebut juga menghimbau agar masyarakat dapat berpatokan dengan informasi yang diberikan secara resmi oleh Kemensos. Masyarakat yang ingin mengetahui tentang update berita mengenai bantuan sosial dapat mengunjungi laman resmi di kemensos.go.id atau dapat melalui media resmi milik pemerintah.

Demikian informasi mengenai link pendaftaran dan pencairan dana bansos BLT PKH tahap 3 yang beredar. Masyarakat diminta agar terus berhati-hati karena link tersebut dinyatakan hoaks secara resmi oleh pemerintah.

Editor : Kholid Hidayat
Bagikan Artikel Ini