Logo Network
Network

Untuk Menunjang Tol Pekanbaru-Dumai, Pusat Kuliner Jaya Mukti Diresmikan

ari Susanto
.
Senin, 05 September 2022 | 12:10 WIB
Untuk Menunjang Tol Pekanbaru-Dumai, Pusat Kuliner Jaya Mukti Diresmikan
Gerbang Tol Dumai

Dumai, iNewsDumai.id - Tak bisa dipungkiri Dampak positif keberadaan jalan Tol Pekanbaru-Dumai, atau sering disebut Tol Permai yang merupakan jalan Tol Trans-Sumatra sepanjang 131 KM membuat daya tarik Kota Dumai semakin meningkat.

Bahkan, pemerintah Kota Dumai mengklaim, akibat adanya Tol Pekanbaru-Dumai wisatawan dari luar Dumai, yang berkunjung ke Dumai pada akhir pekan selalu meningkat. 

Untuk menunjang banyaknya wisatawan dari luar Dumai, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat, Walikota Dumai Paisal meresmikan Pusat Kuliner Jaya Mukti (5/9/2022).

Pemukulan gong oleh Paisal menjadi tanda resminya salah satu spot kuliner yang ada di Kota Dumai.

Acara yang digelar Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) Kota Dumai itu tampak berlangsung semarak. 

Ramai orang hadir untuk melihat,  menikmati suasana malam akhir pekan, seraya menyantap berbagai pilihan makanan dan minuman yang disajikan oleh para pedagang.


Paisal bersyukur ‎Pusat Kuliner di Jaya Mukti resmi beroperasi. Perlahan namun pasti, titik-titik kuliner di Kota Dumai mulai bertambah untuk para pelaku UMKM khususnya dibidang kuliner semakin baik.

Menurutnya, acara peresmian tersebut merupakan wujud keberpihakan Pemko Dumai kepada masyarakat atas pengembangan kuliner di Kota Dumai dan pemulihan ekonomi masyarakat yang sempat tersendat ketika Pandemi Covid-19 , sekaligus kesiapan Dumai, untuk menunjang Tol Permai

"Bisnis makanan tetap menjadi nomor satu. Selain modalnya tidak besar, perputaran uangnya sangat cepat. Makanya kami dari Pemerintah menggesa pembangunan kios-kios kuliner dibeberapa lokasi di Kota Dumai," katanya.

Ia menambahkan, tahun depan, beberapa lokasi strategis di Kota Dumai seperti Dock Yard dan Jalan Ombak juga akan dibangun kios-kios pusat kuliner.

"Insya Allah akan kita buat. Semenjak Jalan Tol Pekanbaru-Dumai ada, angka kunjungan luar ke Dumai semakin meningkat, sayang kalau kesempatan ini disia-siakan," imbuhnya

Walikota Dumai Paisal tinjau kuliner Jaya mukti setelah diresmikan, Sabtu (14/8/2022) (Dok Tribun Pekanbaru)

Tidak lupa, Paisal mengucapkan selamat kepada para pedagang yang mulai aktif berjualan di Pusat Kuliner Jaya Mukti

"Saya tadi titip pesan kepada para pedagang untuk menjaga kebersihan, menjaga kualitas rasa, dan harga harus tetap stabil," sebutnya.

Ia optimis jika para pedagang sama-sama saling menjaga, pengunjung akan merasa nyaman, dagangannya laris dan berujung pada peningkatan omzet.

Sebelumnya, Kadiskopar Kota Dumai, R. Dona Fitri Ilahi, mengaku, Pusat Kuliner Jaya Mukti ini merupakan salah satu kawasan strategis kuliner kedua setelah Kampoeng Kuliner yang berada di Taman Bukit Gelanggang.

Tambahnya, sebanyak 16 unit kios yang telah didirikan Pemko Dumai di Pusat Kuliner ini sudah terisi semua dan sudah melewati proses kontrak dengan para pedagang.

"Program ini sesuai dengan rencana induk pembangunan pariwisata Kota Dumai yang saat ini dalam proses pembahasan dan pengesahan di DPRD menjadi Peraturan Daerah, Diskopar Kota Dumai berkomitmen  untuk memaksimalkan potensi wisata dan kuliner yang ada di Kota Dumai," pungkasnya.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Tag :
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.