get app
inews
Aa Read Next : Silaturahmi dan Diskusi Dengan Tokoh Masyarakat, Kapolsek Dumai Timur : Jaga Suasana Kondusif

Kembali Agendakan Kegiatan FGD Dalam Bentuk Sosialisasi Kamtibmas di Kantor Lurah

Sabtu, 07 September 2024 | 16:54 WIB
header img

DUMAI, iNewsDumi.id - Bertempat di Kantor Lurah Dumai Selatan, Jalan Gunung Merapi RT 05, Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, dilaksanakan kegiatan Cooling System Forum Discussion Group (FGD) dalam bentuk Sosialisasi Kamtibmas terhadap Lurah dan Tokoh Masyarakat Bumi Ayu, (05/09/24). 

Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Lancang Kuning Tahun 2024 yang bertujuan untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau serta Walikota dan Wakil Walikota Dumai. 

Kegiatan dihadiri oleh Kapolsek Dumai Barat, AKP Handono Sujaryanto, S.Sos., M.H., Lurah Bumi Ayu Heri Afriadi, S.E., Ketua Baznas Kota Dumai H. Afrizal Oesman, Ketua LAM Kecamatan Dumai Selatan Ambia, serta para perwira dan Bhabinkamtibmas Polsek Dumai Barat. 

Diskusi ini fokus pada pentingnya peran serta masyarakat dan pemerintah setempat dalam menjaga stabilitas keamanan selama berlangsungnya pesta demokrasi. 

Dalam sambutannya, Kapolsek Dumai Barat, AKP Handono Sujaryanto, menekankan pentingnya kerjasama antara staf kelurahan dan masyarakat Kota Dumai dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Dumai Selatan. 

"Kami berharap agar seluruh elemen masyarakat, termasuk staf Kelurahan Bumi Ayu, dapat bekerjasama dengan Polsek Dumai Barat untuk menjaga situasi keamanan yang kondusif, terutama dengan tidak terlibat dalam politik praktis selama proses pemilihan kepala daerah," ujar AKP Handono. 

AKP Handono juga mengingatkan agar masyarakat tetap netral dan bijak dalam menghadapi Pilkada 2024. Ia menekankan pentingnya memahami aturan Pilkada serta menggunakan hak pilih sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

"Kami sangat berharap peran aktif para tokoh masyarakat dan staf kelurahan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menggunakan hak pilih mereka dengan benar, sesuai dengan aturan yang berlaku," jelasnya. 

Lebih lanjut, Kapolsek Dumai Barat juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi gangguan keamanan, seperti penyebaran berita hoaks dan praktik politik uang. 

"Salah satu ancaman terbesar dalam proses demokrasi adalah berita hoaks dan money politik. Kami berharap masyarakat dapat bijak dalam menerima informasi dan menolak segala bentuk kecurangan yang dapat merusak integritas Pilkada," tambah AKP Handono. 

Ia juga menyoroti potensi perselisihan yang dapat timbul antara tim sukses atau pendukung calon kepala daerah. Menurutnya, hal ini dapat merusak harmoni sosial di masyarakat. 

"Kami sangat berharap agar masyarakat tetap menjaga persaudaraan dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah. Jangan sampai terjadi gesekan antara tim sukses atau pendukung calon," pesannya. 

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan diskusi interaktif antara peserta dan pemateri, di mana masyarakat diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan bertanya terkait upaya menjaga Kamtibmas selama Pilkada berlangsung. 

Para tokoh masyarakat yang hadir menyambut baik inisiatif Polsek Dumai Barat dalam mengadakan sosialisasi ini dan berkomitmen untuk berperan aktif menjaga keamanan di wilayahnya. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh pihak dapat bersinergi menjaga stabilitas keamanan, sehingga proses demokrasi di Kota Dumai dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Editor : Ari Susanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut