get app
inews
Aa Read Next : Adakan Giat Cooling System Menyambangi Tokoh Masyarakat, Sat Samapta Ajak Masyarakat Berpartisipasi

Tujuan Untuk Perkuat Hubungan Aparat Kepolisian dan Tokoh Agama, Polsek Dumai Barat Gelar Kegiatan

Rabu, 04 September 2024 | 12:59 WIB
header img

DUMAI, iNewsDumai.id - Sebagai bagian dari rangkaian Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024, Panit 1 Lantas Polsek Dumai Barat, IPTU H. Sitohang S.Th, menggelar kegiatan Cooling System berupa sosialisasi Kamtibmas yang diadakan di Gereja GBI Mawar Saron, Kota Dumai, (03/09/2024). 

Acara ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara aparat kepolisian dan tokoh agama, serta menjaga situasi yang aman dan kondusif menjelang pemilihan kepala daerah tahun 2024. 

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh agama, antara lain Pdt Luter Harefa M.Th, Ketua Pejabat Perwil Kota Dumai Pdt Pardamean Marbun S.Th, serta Gembala Gereja GBI Mawar Saron Dumai Pdt Ismanto Simaremare S.Th. Selain itu, para Gembala Sidang Gereja GBI Perwil Dumai juga turut hadir dalam giat tersebut. 

Dalam penyampaiannya, IPTU H. Sitohang menekankan pentingnya peran para pendeta sebagai tokoh agama dalam menjaga kedamaian dan ketertiban di tengah masyarakat. 

"Saya mengajak dan menyarankan kepada para pendeta untuk turut serta menyampaikan kepada jemaatnya saat berkhotbah di altar, agar kita semua mempunyai persepsi bersama bahwa Indonesia adalah rumah kita, Kota Dumai adalah rumah kita, sehingga kita wajib menjaga rumah kita senantiasa aman dan kondusif," ujar IPTU H. Sitohang. 

Ia juga menambahkan bahwa kondisi keamanan yang stabil akan memungkinkan masyarakat untuk melaksanakan aktivitas tanpa ada rasa takut. 

"Dengan menjaga keamanan dan ketertiban, kita semua dapat menjalankan kegiatan sehari-hari dengan tenang dan tanpa gangguan," lanjutnya. 

Pada kesempatan tersebut, IPTU H. Sitohang juga memberikan edukasi terkait pencegahan isu-isu yang tidak bertanggung jawab, terutama yang berhubungan dengan Pilkada Kota Dumai. 

"Kami mengingatkan agar masyarakat tidak terlibat dalam penyebaran berita hoaks yang menyesatkan terhadap pasangan calon tertentu. Ini penting agar proses demokrasi bisa berjalan dengan jujur dan adil," tegasnya. 

Selain itu, panit 1 juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka dengan bijak. 

"Penting bagi seluruh masyarakat untuk ikut serta menggunakan hak pilihnya sesuai dengan peraturan, sehingga Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau serta Walikota dan Wakil Walikota Dumai tahun 2024 dapat berjalan dengan aman dan sukses," ungkap IPTU H. Sitohang. 

Sementara itu, Pdt Luter Harefa M.Th, yang juga hadir dalam acara tersebut, menyatakan dukungannya terhadap langkah-langkah yang diambil oleh kepolisian. 

"Kami dari pihak gereja sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena hal ini sejalan dengan ajaran kami untuk selalu menjaga kedamaian dan kesejahteraan dalam masyarakat," ujar Pdt Luter. 

Kegiatan ini turut diisi dengan sesi diskusi antara aparat kepolisian dan para tokoh agama yang hadir, membahas berbagai upaya yang dapat dilakukan bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Dumai, khususnya menjelang pemilihan umum. 

Diskusi tersebut diharapkan dapat mempererat kerja sama antara pihak kepolisian dan tokoh agama dalam menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

Editor : Ari Susanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut