Logo Network
Network

Deretan Penghargaan Drs. Irwan, M.Si, Pernah Jadi Salah Satu Tokoh Muslim Berpengaruh di Indonesia

kholid hidayat
.
Selasa, 05 Desember 2023 | 12:55 WIB
Deretan Penghargaan Drs. Irwan, M.Si, Pernah Jadi Salah Satu Tokoh Muslim Berpengaruh di Indonesia
Mantan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti periode 2010-2015/2016-2021 Drs. Irwan, M.Si (sumber: istimewa).

PEKANBARU, iNewsDumai.id - Mantan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. Irwan, M.Si merupakan salah satu pimpinan daerah yang sukses pada masa kepemimpinannya. Keberhasilannya memimpin Meranti ditandai dengan berbagai penghargaan bergengsi yang diraihnya ketika masih menjabat sebagai bupati pada periode 2010-2015/2016-2021.

Pria yang akrab disapa Irwan Nasir ini mendapat penghargaan karena kontribusinya dalam membangun daerah Kepulauan Meranti. Irwan berhasil membangun wilayah pesisir tersebut sejak dibentuk pada 19 Desember 2008 melalui Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2009 dan menjadi wilayah kabupaten sendiri.

Strateginya dalam meningkatkan pendapatan daerah adalah dengan memaksimalkan potensi daerah kabupaten Kepulauan Meranti. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Irwan adalah dengan memaksimalkan sagu sebagai hasil bumi Kabupaten Meranti dan festival perang air (Cian Cui) pada potensi daerah di bidang pariwisata. 

Setidaknya Irwan meraih dua penghargaan nasional atas pencapaiannya menjadikan Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai penghasil sagu terbesar di dunia. Pada tahun 2017, Irwan mendapat penghargaan Indonesia Award atas keberhasilannya dalam menjadikan sagu sebagai alternatif pangan.

Bahkan Irwan pernah dinobatkan sebagai salah satu tokoh muslim yang berpengaruh di Indonesia pada tahun 2020. Hal ini dikarenakan Ia berhasil mendapatkan penghargaan Muslim Choice Award yang diselenggarakan oleh Majalah Moslem Choice dengan menyeleksi tokoh-tokoh Islam nasional dan daerah serta memiliki pengaruh besar dalam berbagai kategori yang telah ditetapkan. 

Penghargaan ini diberikan kepada Irwan berdasarkan kategori good governance pada bidang ketahanan pangan. Perannya sebagai Bupati dan Ketua Koalisi Pemerintah Daerah Penghasil Sagu Indonesia berhasil menjadikan sagu sebagai salah satu sumber pangan nasional.

Selain pengelolaan sagu sebagai hasil bumi, Irwan juga memaksimalkan potensi pariwisata di daerah melalui festival perang air (Cian Cui) yang hanya terdapat di Thailand dan Kabupaten Meranti. Festival perang air mendapatkan apresiasi dan penghargaan setelah memenangkan Anugerah Pesona Award dari Kementerian Pariwisata pada kategori Wisata Kreatif Terpopuler se-Indonesia pada tahun 2018.

Setelah tidak lagi menjabat sebagai bupati, Irwan sempat dikabarkan mencalonkan diri pada pilkada  Provinsi Kepulauan Riau. Namun saat ini Drs. Irwan, M.Si telah resmi terdaftar sebagai calon anggota legislatif DPR RI melalui Partai Kebangkitan Bangsa Dapil Riau 1 yang meliputi Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Siak.

 

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.