get app
inews
Aa Read Next : Gempa M4,4 Guncang Jember Jawa Timur

Dampak Gempa Yogyakarta, BNPB Catat 93 Rumah Rusak di DIY Hingga Jawa Timur

Sabtu, 01 Juli 2023 | 15:08 WIB
header img
Gempa di Bantul M6,4. (Foto : Twitter BMKG)

BANTUL, iNewsDumai.Id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan perkembangan dampak akibat gempa yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (30/6/2023) malam ini. Tercatat, 93 rumah yang tersebar di DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur mengalami kerusakan.

BNPB melakukan pemutakhiran data sekitar pukul 23.00 WIB. Data ini didapat setelah melakukan koordinasi dengan BPBD di wilayah DIY, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Provinsi Jawa Timur (Jatim)."Total rumah rusak sebanyak 93 unit dengan tingkat ringan hingga sedang," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya.

Dia menyampaikan, bahwa sampai saat ini petugas masih terus mendata jumlah rumah terdampak, baik di wilayah DIY, Jateng dan Jatim. Adapun, rincian rumah rusak di beberapa wilayah, sebagai berikut;

Sebaran di Provinsi Jateng, yaitu di Kabupaten Kebumen, rumah rusak ringan 8 unit dan rusak sedang 2 unit. Kabupaten Magelang dan Tegal, rumah rusak masing-masing sebanyak 1 unit, sedangkan di Kabupaten Purbalingga tercatat rumah rusak 4 unit.

Sementara, sebaran di Provinsi Jatim, teridentifikasi di Kabupaten Pacitan dengan total rumah rusak sebanyak 28 unit.

"Di wilayah DIY, BPBD mencatat rumah rusak 30 unit di Kabupaten Bantul dan 19 di Kabupaten Gunung Kidul," ujarnya.

Selain tempat tinggal, kata dia, dampak gempa juga menyasar fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah, pemerintah, kesehatan maupun jaringan listrik.

Kerusakan ringan fasilitas ibadah sebanyak 1 unit dan jaringa listrik di Kebumen, Provinsi Jateng. Sedangkan di DIY, sekolah rusak 1 unit dan fasilitas pemerintah 5 unit di Gunung Kidul, fasilitas pendidikan 1 unit di Bantul dan fasilitas kesehatan 1 unit di Kulon Progo.

Artikel ini telah dimuat sebelumnya oleh Okezone dengan judul Imbas Gempa Yogyakarta, BNPB Catat 93 Rumah Rusak di DIY hingga Jatim

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut