Logo Network
Network

Analisis BMKG Terkait Gempa di Banyu Biru Jawa Tengah

Kholid Hidayat
.
Sabtu, 27 Mei 2023 | 10:47 WIB
Analisis BMKG Terkait Gempa di Banyu Biru Jawa Tengah
Ilustrasi. (Foto : Freepik)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa M2,4 telah mengguncang wilayah Banyu Biru, Jambu dan sekitarnya, Sabtu, 27 Mei 2022 pukul 04.47.02 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M2.4, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.31 LS ; 110.33 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km Timur Laut Temanggung, Jawa Tengah pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya.

Daryono mengatakan berdasarkan hasil pemodelan peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini dirasakan di Kecamatan Banyu biru dan jambu Kab Semarang, Jawa Tengah dengan skala intensitas I - II MMI (Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang dan Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” tegas Daryono.

Selain itu, Daryono mengungkapkan hingga pukul 06.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.