get app
inews
Aa Read Next : Ini Dampak Buruk Perubahan Iklim, Kurangnya Air Bersih Hingga Ganggu Siklus Pertanian

Gempa Dangkal M4,9 Guncang Jayapura, Banyak Bangunan yang Rusak

Senin, 02 Januari 2023 | 10:12 WIB
header img
Dampak gempa di Japapura. (Foto: Dok BMKG)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Gempa berkekuatan Magnitudo 4,9 mengguncang Jayapura, Papua, pada Senin (2/1/2023), pukul 03.24 WIT. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendapat laporan bahwa gempa merusak sejumlah bangunan di Kota Jayapura di antaranya rumah, hotel hingga rumah sakit.

"Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kota dan Kabupaten Jayapura IV-V MMI hingga menimbulkan kerusakan ringan pada beberapa rumah warga," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui pesan singkatnya, Senin (2/1/2023).

Berdasarkan hasil analisis dan kajian cepat BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 2.53 LS dan 140.74 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 kilometer arah Timur Laut Kota Jayapura, Papua. Adapun kedalaman gempa berada cukup dangkal yakni 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi berkedalaman dangkal diduga diakibatkan oleh aktivitas sesar aktif yang melintasi Jayapura," beber Daryono.

Hingga pagi ini, BMKG mencatat telah terjadi 50 gempa susulan dengan magnitudo di bawah 4,9. Warga Jayapura diminta untuk waspada karena gempa susulan masih berpotensi terjadi dalam beberapa jam ke depan.

Artikel ini telah dimuat sebelumnya oleh Okezone dengan judul Gempa Dangkal M4,9 Guncang Jayapura, Rumah Sakit dan Hotel Rusak

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut