get app
inews
Aa Read Next : Arief Budimanta: Penurunan Kemiskinan Ekstrem Sudah Mendekati ke 0%

Persiapan Peresmian Lahan Serentak Strategis: Komitmen Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia

Rabu, 05 April 2023 | 22:53 WIB
header img
Peresmian serentak pertanian cadangan logistik strategis nasional (sumber : istimewa)

JAKARTA, iNewsDumai.id - Berdasarkan Konferensi Pers pada Rabu 5 April 2023, pukul 16.30 - 18.00 WIB, di Kantor PT PPM, Menara Palma, Kuningan, Jakarta Selatan akan diselenggarakan Peresmian Serentak Lahan Pertanian Cadangan Logistik Strategis Nasional pada Sabtu, 15 April 2023. Program ini adalah kerja sama antara Kementerian Pertahanan RI dengan PT. Palma Pertiwi Makmur (PT PPM) di beberapa Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto dan para kepala daerah, dimeriahkan oleh kesenian adat setempat. Untuk tahap awal direncanakan di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Kalimantan Timur, Papua.

Sedangkan untuk Kota, Kabupaten di: Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Barat, Lampung Timur, Tanggamus, Subang, Indramayu, Klaten, Cianjur, Wonogiri, Dumai, Rokan Hilir, Siak Kecil, Siak Besar, Raja Ampat, Kutai Kartanegara, Sukabumi, Garut, Pariaman, Pekanbaru, dll.

Hadir dalam konferensi pers ini dari PT PPM: Mardiyanto (Presiden Direktur), Ahmad (Komisaris), Ir. Tubagus Bagas Pamungkas (VP Politik Komunikasi Pertahanan) dan Bambang Yasin (Direktur Investasi).

Dari Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia: Dr. Drs. Suyud Warno Utomo, M.Si, Drs. Raldi Hendrotoro Seputro Koestoer, M.Sc., Ph.D dan Dr. Bambang.

Presiden Direktur PT PPM, Mardiyanto mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menjalankan amanah konstitusi yang menyebutkan bangsa Indonesia harus terlibat dalam mewujudkan perdamaian dunia, salah satu cara yang kami jalankan adalah membantu Pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Ahmad dari PT. PPM menambahkan, komoditas utama yang ditanam adalah jagung, sedang komoditas lain menyesuaikan dengan kondisi serta harapan masyarakat setempat.

Dr. Suyud Warno Utomo dari Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (UI) dalam konferensi pers ini mengatakan, bahwa masyarakat juga perlu diedukasi, misalnya bagaimana cara memanfaatkan batang jagung. Dr. Suyud juga mengingatkan agar program ini terus memperhatikan kelestarian lingkungan.

Ir. Tubagus Bagas Pamungkas, VP Politik Komunikasi Pertahanan dari PT PPM mengatakan bahwa ancaman perang berlarut di laut Cina selatan serta perang Rusia-Ukraina selalu mengancam umat manusia, termasuk konflik-konflik di beberapa negara. Dalam konteks itulah ketahanan pangan menjadi salah satu program kekuatan Indonesia menuju lumbung pangan nasional dan dunia.

Sementara itu Bambang Yasin, Direktur Investasi dari PT. PPM mengatakan masyarakat terbantu dengan kegiatan ini dan setiap daerah juga bisa memenuhi kebutuhan pangan di daerahnya, sekaligus berkontribusi untuk ketahanan pangan di dalam negeri.

 

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut