get app
inews
Aa Read Next : BPS Riau: Bensin Jadi Pemicu Inflasi di Riau pada Agustus 2023

Kemenkeu: Inflasi Tetap Terkendali Pada Ramadhan 2023

Selasa, 04 April 2023 | 17:38 WIB
header img
Ilustrasi.(foto : Freepik)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menyebut inflasi tetap terkendali dengan baik pada periode Ramadhan 2023.

Hal ini karena berbagai upaya pengendalian harga pangan menjelang Ramadhan yang dilakukan pemerintah terbukti cukup efektif menurunkan inflasi pangan. Peran Badan Pangan Nasional (Bapanas) juga sangat krusial, terutama dalam memastikan kecukupan dan ketersediaan pasokan berbagai bahan pangan pokok.

"Stabilitas harga pada masa Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) menjadi kunci penting dalam menjaga ketahanan pangan dan daya beli masyarakat,” kata Febrio dikutip Antara di Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Ke depan, ia menegaskan pemerintah terus menjaga stabilitas harga jelang HKBN Ramadan dan Lebaran.

Pemerintah juga mengantisipasi risiko kenaikan harga minyak global dalam beberapa hari terakhir akibat kebijakan OPEC+ yang berencana untuk memangkas produksinya.

Maka dari itu, pemerintah pusat dan daerah akan terus memonitor harga dan ketersediaan pangan serta melakukan berbagai kebijakan intervensi, di antaranya melalui operasi pasar dan pasar murah bahan pangan pokok, serta memperkuat stok pangan dan kelancaran distribusi pasokan.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut