Logo Network
Network

Wakil Gubernur Riau : Bulan Ramadan Menjadi Langkah untuk Melatih Kesabaran

Kholid Hidayat
.
Minggu, 19 Maret 2023 | 10:54 WIB
Wakil Gubernur Riau : Bulan Ramadan Menjadi Langkah untuk Melatih Kesabaran
Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution.

DUMAI, iNewsDumai.Id - Memiliki sikap sabar akan membantu manusia untuk menahan diri, membuat pikiran selalu positif, serta menguatkan hati. Kesabaran juga merupakan hal baik yang dilakukan dengan senang hati dan tanpa beban.

Terlebih dalam menghadapi bulan suci ramadan, tingkat kesabaran umat muslim harus semakin bertambah. Sebab saat berpuasalah menjadi langkah yang baik untuk melatih kesabaran. 

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution dalam kegiatan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah (GSSB) Provinsi Riau yang ke 113 di Masjid Nurul Yaqin, Jalan Hangtuah Pekanbaru, Minggu (19/03/2023).

“Makanya di dalam bulan suci ramadan itu yang dituntut adalah bagaimana kita memiliki sebuah kesabaran yang lebih dibandingkan ketika di hari-hari biasa. Karena di situlah nanti kita bisa melakukan ibadah sebanyak mungkin. Dengan begitu jangan sampai ibadah bulan suci ramadan itu terkotori oleh hal-hal yang harusnya tidak perlu kita laksanakan,” Katanya.

Wagubri Edy Natar jelaskan, ibadah ramadan tersebut adalah ibadah yang banyak ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Hal itu lantaran begitu banyaknya fadilah atau keutamaan yang Allah berikan di dalam bulan itu.

“Sayang sekali rahmat yang Allah berikan di bulan ramadan itu banyak terkotori perkembangannya ketika tidak mampu menahan kesebaran. Karena memang tidak semua orang Allah berikan kesempatan itu, kalaulah kita termasuk bagian yang nanti mendapatkan kesempatan itu manfaatkan lah sebaik-baiknya,” jelasnya.

Dia menerangkan, kalau dalam islam itu, tidak ada ukuran kesabaran. Karena setiap umat harus bisa menahan kesabaran. Jika di lihat dari firman Allah yang ada di Alquran dalam surat al-baqarah ayat 153 berbunyi “ Ya ayyuhallazina amanusta'inu bis-sabri was-salah, innallaha ma'as-sabirin.” 

Yang memiliki arti, wahai orang-orang yang beriman. Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.

“ Yang saya ingin tekankan di sini adalah Innallaha maashobirin sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Artinya di setiap diri orang sabar selalu Allah berada di sana, maka menjadi tidak pantas ketika ada seseorang mengatakan jangan sampai batas kesabaranku hilang ya,” terangnya.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini