Logo Network
Network

Gubernur Syamsuar Serahkan Bantuan Kepala Kelompok Tani di Kuansing

Kholid Hidayat
.
Selasa, 14 Februari 2023 | 13:50 WIB
Gubernur Syamsuar Serahkan Bantuan Kepala Kelompok Tani di Kuansing
Gubernur Riau, Syamsuar menyerahkan bantuan kepada kelompok tani di Kecamatan Benai Kabupaten Kuansing. (Foto : media center)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Masyarakat dan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi menyambut gembira dan penuh antusias kedatangan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di Kota Jalur. 

Dilansir dari Media Center Riau, Kedatangan orang nomor satu di Riau ini bertujuan untuk melakukan panen raya bawang merah varietas maserati, dan menanam pisang kepok bersama masyarakat di Desa Ujung Tanjung, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuansing, Selasa (14/2/2023). 

Pada  kesempatan itu, Gubernur Syamsuar didampingi Plt. Bupati Kuansing, Suhardiman Amby menyerahkan beberapa bantuan kepada beberapa kelompok tani. 

Adapun bantuan yang diserahkan diantaranya  pengembangan budidaya pisang kepok seluas 4 hektar, bantuan pembangunan sumur artesis, bantuan pengembangan dan perbaikan jaringan irigasi tersier, bantuan penangkaran padi seluas 30 hektar berupa benih dan saprodi. 

Selanjutnya, bantuan intensifikasi padi seluas 30 hektar berupa benih dan saprodi, bantuan ekstensifikasi padi seluas 25 hektar berupa benih dan saprodi, bantuan pengembangan kedelai seluas 5 hektar berupa benih dan saprodi, bantuan mesin perontok padi satu unit, dan bantuan kendaraan bermotor roda tiga satu unit. 

Bantuan tersebut merupakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau Tahun 2023.

Gubernur Syamsuar berharap bantuan yang telah diberikan bisa dimanfaatkan dengan sebaiknya dan dapat meningkatkan produktivitas para petani yang ada di Kabupaten Kuansing. 

"Selamat kepada gapoktan yang telah mendapatkan bantuan, semoga produktivitasnya bisa lebih meningkat," harap Gubernur Syamsuar. 

Sementara itu, Ketua Gapoktan Bahagia Desa Ujung Tanjung Kecamatan Benai, Salventri penerima bantuan pengembangan budidaya pisang kepok seluas 4 hektar dan bantuan pembangunan sumur artesis, merasa bersyukur dan berterimakasih atas bantuan yang telah diberikan Gubernur Syamsuar kepada kelompok tani yang ada di Desa Ujung Tanjung. 

Salventri mengaku akan memanfaatkan bantuan yang telah diterima sehingga apa yang diharapkan dan diamanahkan Gubernur Syamsuar bisa terwujud yakni meningkatkan produktivitas para petani. 

"Kami merasa berterimakasih atas bantuan ini, akan kami manfaatkan untuk lebih meningkatkan produktivitas petani kedepannya pungkas Salventri. 

Salventri mengaku jika nanti pisang kepoknya memberikan hasil akan lebih dikembangkan lagi sehingga Kuansing semakin dikenal dengan memiliki tanaman unggulan yakni pisang kepok. 

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.