get app
inews
Aa Read Next : BEM Sekodum Angkat Bicara Terkait Jalan, Hamsyar: Kita Mau Segera di Perbaiki Sebelum ada Korban

Gubri Minta BPBD dan Dinas PUPUPR-PKPP Riau Antisipasi Bencana

Kamis, 29 Desember 2022 | 15:05 WIB
header img
Gubernur Riau. (Foto : media center)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan selalu siap siaga bencana alam saat libur akhir tahun 2022 dan tahun baru 2023.

Dilansir dari Media Center Riau, Kesiapsiagaan tersebut disampaikan Gubri mengingat sejumlah wilayah di Riau rawan terjadi bencana. Hal itu seiring dengan telah ditetapkan status siaga bencana alam banjir dan longsor Riau tahun 2022.

Gubri Syamsuar mengatakan, saat  musim hujan sejumlah titik ruas jalan di Riau rawan terjadi longsor. Seperti jalan lintas yang mengarah ke Sumatera Barat (Sumbar) rawan longsor. 

"Makanya sama minta semua harus siap siaga dan waspada. Jadi kalau pun terjadi bencana jangan sampai ada korban," kata Gubri Syamsuar, Kamis (28/12/2022). 

Karena itu, Gubri meminta Kepada BPBD dan Dinas PUPR-PKPP Riau agar berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk antisipasi bencana. Termasuk penanganan jika memang nanti ditemukan ada titik yang terjadi longsor.

"Saya sudah perintahkan BPBD dan Dinas PUPR-PKPP agar berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Mana yang harus didahulukan dilakukan pengamanan. Termasuk penanganan banjir. Karena itu kita harus siaga," tukasnya. 

BPBD Provinsi Riau mendata titik rawan longsor yang berbahaya di Riau saat musim hujan. Diantaranya Jalan Lintas Lintas Riau - Sumbar - XIII Koto Kampar, Jalur Taluk Kuantan - Perbatasan Sumbar, Jalur Rengat - Tembilahan, Jalan Lintas Perbatasan Riau - Jambi.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Riau, M Edy Afrizal mengatakan, memang sebagian wilayah di Riau saat musim hujan potensi longsor sering terjadi. 

"Saat ini Riau musim hujan. Sehingga potensi terjadinya bencana tanah longsor semakin mudah terjadi. Kami mengimbau agar masyarakat selalu waspada," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Riau, M Edy Afrizal.

Untuk antisipasi, kata Edy Afrizal, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR-PKPP Riau dan pemda setempat melalui BPBD kabupaten/kota untuk siap siaga jika sewaktu-waktu terjadi bencana tanah longsor maupun banjir. Sehingga petugas dan alat berat bisa langsung diturunkan untuk melakukan pembersihan lokasi longsor.

"Kami mengimbau kepada petugas di lapangan agar siap siaga menghadapi musim penghujan yang berpotensi terjadi banjir di Riau. Seperti mengamankan barang-barang berharga, kemudian mempersiapkan diri apabila terjadi banjir dengan melakukan evakuasi. Terutama ibu-ibu hamil, balita, lansia, dan orang - orang yang sakit yang berada di Rumah," tutupnya.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut