get app
inews
Aa Read Next : Gubri Syamsuar Harap Kampar Adventure Jadi Event Tahunan

Rakerda IKSPI Kera Sakti Dibuka Oleh Gubernur Riau

Minggu, 18 Desember 2022 | 09:14 WIB
header img
Pembukaan Rakerda IKSPI Kera Sakti. (Sumber : mediacenter)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar membuka rapat kerja daerah (Rakerda) Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti Pengurus Daerah Riau tahun 2022.

Dilansir dari Media Center Riau, kegiatan tersebut merupakan Rakerda tahun pertama yang dilaksanakan IKSPI Riau. Dihelat di Gedung Balai Latihan Pertanian, Jalan Kaharudin Nasution, Kota Pekanbaru, Sabtu (17/12/2022) malam.

Gubri Syamsuar mengatakan, Rakerda ini sangat bagus dilakukan, sebab menurut dia sudah seharusnya setiap organisasi itu memang melakukan pembahasan bersama-sama.

“Jadi dari rapat kerja daerah ini pengurus bisa membuat program-program untuk meningkatkan hal yang tepat, seperti pelatihan dan pembinaan pesilat,” katanya.

Dikatakan, bahwa melalui Rakerda pengurus bisa dapat membenahi dan evaluasi apa yang harus diperhatikan. Selain itu, dapat menjaring atlet-atlet untuk diturunkan kepada setiap perlombaan seni bela diri pencak silat.

“Harapan dari kami, pengurus ini bisa mempersiapkan serta menjaring atlet-atlet silat untuk event Pekan Olahraga wilayah (Porwil) dan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang waktunya itu tidak lama lagi,” jelasnya.

Syamsuar mengungkapkan, tekad dan komitmen yang dimiliki pengurus pusat dan pengurus provinsi IKSPI Kera Sakti ini sangat baik. Karena menurutnya, sudah seharusnya pencak silat ini bisa masuk kedalam event internasional.

“Tadi kami juga mendengar tekad dari pengurus pusat bersama pengurus provinsi, bahwa silat ini agar bisa masuk ke dalam event internasional. Kami tentunya mendukung sekali, karena ini sudah menjadi harapan semua masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Dengan begitu, dirinya berharap besar, keinginannya pesilat di Bumi Lancang Kuning ini bisa meraih prestasi di setiap generasi. Dia juga menghimbau bahwa pengurus dapat meningkatkan pelatihan dan pembinaan untuk atlet.

“ Karena itulah kita harus meningkatkan pelatihan dan pembinaan atlet. Jadi semuanya baru bisa berjalan kalau itu sudah terlaksanakan. Sehingga, dengan apa yang kita persiapkan ini, kita bisa dapat meraih medali emas untuk mengharumkan Provinsi Riau,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Harian IKPSI Kera Sakti Pengda Riau, Nurhadi Kaslan, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Riau dalam kegiatan rapat pertama organisasinya.

“Terima kasih kepada pak Gubernur yang senantiasa telah hadir malam ini. Serta juga membimbing kami dan membantu kami, mudah-mudahan apa yang diberikan pada perguruan kami dibalas oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ucapnya.

Nurhadi jelaskan, bahwa Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti ini sangat menjaga tali persaudaraan. Oleh karena itu, perguruannya memiliki prinsip yang sangat identik yaitu dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. 

Sehingga, jika melihat dari prinsip tersebut mengandung makna bahwa seseorang sudah sepatutnya mengikuti atau menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat tinggalnya

“Prinsip-prinsip dari perguruan kami dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Dan falsafat dari perguruan kami keempat penjuru kita cari saudara, tapi apabila ada musuh pantang tunduk kepala,” tutupnya.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut