get app
inews
Aa Read Next : APBD-P Kabupaten Bengkalis Tahun 2023 Tertahan Di Pemprov Riau

Lindungi Masyarakat Adat Menjadi Konsen Gubernur Riau

Kamis, 10 November 2022 | 20:51 WIB
header img
Gubernur Riau, Syamsuar. (Foto : Ist)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar sangat konsen dalam memberikan perlindungan bagi masyarakat adat ataupun hutan adat yang ada di Bumi Lancang Kuning. 

Dilansir dari mediacenter.riau.go.id, Gubernur Syamsuar melanjutkan berbagai upaya untuk menjamin hak-hak masyarakat hukum adat, mulai dari memperoleh legalitas berupa warisan budaya takbenda hingga pengakuan SK atas masyarakat hukum adat atau hutan adat.

Hasilnya, hingga saat ini telah ada 64 karya budaya  penetapan Warisan Budaya Tak benda (WBTb) Indonesia yang diperoleh Riau, yang mana 80 persennya merupakan karya budaya dari masyarakat adat, seperti Rarak, Gondang Barogong Rokan Hulu, Tari Olang-olang Siak, dan lainnya. 

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen menegaskan "Bahwa pak Gubernur ataupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melindungi masyarakat adatnya. Tidak seperti berita-berita yang pernah saya baca yang mengatakan bahwa pemerintah tidak peduli dengan masyarakat adat. Itu salah, saya bersaksi," dalam acara Pembinaan Komunitas Adat Terpencil, yang digelar di Aula Museum M. Yazid Dinas Kebudayaan Provinsi Riau pada hari Kamis, 10 November 2022.

Yose menyebutkan, komitmen Pemprov Riau dalam melindungi masyarakat adatpun sejalan dengan misi gubernur, yakni Mewujudkan Budaya Melayu Sebagai Payung Negeri dan Mengembangkan Pariwisata Yang Berdaya Saing. 

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyebutkan bahwa adat merupakan aset yang sangat penting dan harus dilindungi, sebab itu akan sangat berguna dan diperlukan untuk generasi yang akan datang. 

Bahkan kemarin, Gubernur Syamsuari berkesempatan  langsung menerbitkan Surat Keputusan Pengakuan  Masyarakat Hukum Adat dan Hutan Adat (Imbok Ayo) Suku Sakai Bathin Sobanga, di Kabupaten Bengkalis.

Dalam penutupnya, Gubernur Riau menyampaikan "Budaya dan adat harus kita pelihara, kalau tak kita siapa lagi, tidak mungkin orang lain yang melestarikan atau memelihara budaya kita,".

Editor : Kholid Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut