get app
inews
Aa Read Next : Gubri Syamsuar Harap Kampar Adventure Jadi Event Tahunan

Gubernur Riau Diberikan Apresiasi Oleh Mendagri

Selasa, 08 November 2022 | 21:31 WIB
header img
Mendagri, Tito Karnavian di Hotel Grand Central, Pekanbaru. (Sumber : mediacenter.riau.go.id)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Mendagri Tito Karnavian memberikan apresiasikepemimpian Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar pada saat menyampaikan sambutan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur dengan Bupati/Walikota, Camat dan Lurah se-Provinsi Riau, di Hotel Grand Central, Pekanbaru pada hari Selasa, 8 November 22. 

Dilansir dari mediacenter.riau.go.id, Mendagri mengapresiasi banyak kemajuan yang telah dicapai di bawah kepemimpinan Gubri Syamsuar. Diantaranya, ekonomi Riau bisa tumbuh  4,63%. Sebaliknya, banyak daerah, bahkan  negara lain,  mengalami resesi, terutama akibat wabah Covid-19 yang belum  berakhir. Pertumbuhan ekonomi Riau  juga tertinggi dalam delapan tahun terakhir.
 
Selain pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan juga menurun. Begitu juga angka pengangguran terbuka, tinggal 4,37%.
Mendagri menegaskan ""Dan yang paling penting, Provinsi Riau termasuk provinsi yang aman dan kondusif. Itu sebabnya, saya apresiasi Pak Gubernur, dan pentingnya keamanan suatu daerah. Kalau daerah aman dan kondusif, maka tentu roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik". 
 
Maka dari itu, Mendagri menyarankan agar Forkopimda mulai dari provinsi hingga desa harus aktif dan kompak. Kepala daerah harus merangkul dan bekerjasama dengan pimpinan daerah yang lain.
 
Selain itu, Mendagri  meminta agar FKUB-nya aktif dan bisa saling bekerjasama. “Saat FKUB aktif,  hubungan antar umat beragama biasanya harmonis. Tidak ada yang radikal,” ujarnya lagi. 
 
Dari sudut kemajuan  daerah,  faktor terpenting menteri dalam negeri adalah sumber daya manusia. Banyak negara maju, meskipun negara mereka kekurangan sumber daya alam. Seperti Singapura.
 
Pemerintah provinsi bisa menawarkan beasiswa hingga jenjang S3 jika diperlukan. Jika masyarakat terdidik, apalagi negara kita kaya akan sumber daya alam, besar kemungkinan Indonesia akan menjadi negara maju dan diperhitungkan secara global.
 

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut