get app
inews
Aa
Read Next : CCL Bisa Batalkan Kontrak LNG yang Bikin Pertamina Rugi Besar, Ini Klausulnya

Update Harga BBM Pertamina Jenis Pertamax, Pertalite, Pertamax Turbo, Pertamina Dex Hari Ini

Jum'at, 02 September 2022 | 21:00 WIB
header img
Jelang kenaikan BBM, ribuan warga Cirebon padati SPBU. (Foto: Istimewa)

DUMAI, iNewsDumai.id - Berikut merupakan update harga BBM Pertamina hari ini. Simak untuk mengetahui harga BBM jenis pertalite, pertamax, pertamax turbo, dan pertamina dex.

Setelah wacana pencabutan BBM bersubsidi oleh pemerintah yang akan dimulai sejak pada Jum'at, 1 September 2022. Namun harga BBM Pertamina baik jenis pertamax atau pertalite masih terpantau belum mengalami kenaikan.

Harga masing-masing jenis baik pertamax maupun pertalite masih sama  dengan harga pasaran. Pertamax saat ini masih berada di kisaran harga Rp12.500/liter dan pertalite di harga Rp7.650/liter.

Justru saat ini BBM Pertamina jenis pertamax turbo dan pertamina dex mengalami penurunan harga. Pertamax dex terpantau mengalami penurunan harga yakni Rp17.900/liter menjadi Rp15.900/liter kemudian pertamina dex dari Rp18.900/liter menjadi Rp17.400.

Adanya wacana kenaikan harga dikarenakan perhitungan dari pemerintah di mana subsidi yang diberikan untuk energi khususnya BBM sangat tinggi. Di samping itu, harga jenis pertalite dan solar sebelumnya juga dikatakan memiliki selisih harga dari pasar minyak dunia.

Beredar kemudian harga yang dipatok oleh pemerintah mengenai BBM Pertamina beberapa waktu lalu di mana pertalite dan pertamax mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Selain itu, solar juga diperkirakan mengalami kenaikan mengingat Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut bahwa nilai keekonomian solar mencapai Rp13.950/liter.

Selisih harga dari pasar dunia dan harga di Indonesia pada akhirnya ditanggung oleh pemerintah. Namun muncul isu dan wacana terkait kenaikan harga BBM Pertamina hingga menimbulkan penolakan dan demonstrasi di berbagai daerah oleh berbagai kalangan.

Demikian informasi mengenai update harga BBM Pertamina jenis pertalite, pertalite, pertamax turbo, dan pertamina dex.


 

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut