Adakan Kegiatan Dalam Bentuk Forum Group Discussion, Kanit Binmas Polsek : Pentingnya Kerjasama

Ari Susanto

DUMAI, iNewsDumai.id - Polsek Dumai Barat menggelar kegiatan Cooling System dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) di Aula Kantor Camat Dumai Selatan, Jl. Bukit Datuk Lama RT 02, Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan, (20/09/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 dalam rangka menyongsong Pilkada serentak. Acara tersebut dihadiri oleh jajaran Muspika, tokoh masyarakat (Tomas), tokoh agama (Toga), dan tokoh pemuda (Toda) Kecamatan Dumai Selatan.

Kanit Binmas Polsek Dumai Barat, IPTU A. Sihite, yang hadir mewakili Kapolres Dumai, AKBP Dhovan Oktavianton, dalam sambutannya menekankan pentingnya kerjasama antara aparat keamanan dengan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas. 

"Kami berharap pihak Kecamatan Dumai Selatan, serta seluruh tokoh masyarakat, agama, dan pemuda, bisa bekerja sama dengan kami untuk menjaga ketertiban umum, terutama menjelang Pilkada 2024," ujar IPTU A. Sihite.

IPTU A. Sihite juga mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk tidak terlibat dalam politik praktis yang dapat memecah belah masyarakat. 

"Kami mengimbau agar warga tidak terlibat dalam politik praktis, terutama para tokoh masyarakat dan agama, sehingga dapat tetap menjaga netralitas dan tidak memicu konflik di tengah-tengah warga," tambahnya.

Lebih lanjut, IPTU A. Sihite juga menyampaikan harapannya agar masyarakat Dumai bisa berperan aktif dalam Pilkada mendatang dengan menggunakan hak pilih secara bijak. 

"Kami mengharapkan partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan hak pilihnya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ini penting untuk mewujudkan Pilkada yang demokratis dan berintegritas," tegasnya.

Dalam FGD ini, IPTU A. Sihite juga mengajak seluruh peserta untuk menjaga suasana kondusif di tengah masyarakat, terutama dalam hal penyebaran informasi yang bisa menyesatkan. 

"Waspadai penyebaran berita hoaks, hindari praktik money politics, dan jaga diri dari potensi konflik antar pendukung calon kepala daerah. Semua ini penting untuk menjaga stabilitas dan kedamaian di Dumai," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan masing-masing agar terhindar dari gesekan sosial. 

"Kondisi politik sering kali memicu perselisihan, namun kita semua memiliki tanggung jawab untuk mencegah hal tersebut dan memastikan Pilkada berjalan damai dan lancar," tambah IPTU A. Sihite.

Kegiatan Cooling System ini merupakan bagian dari upaya preventif Polsek Dumai Barat dalam memastikan situasi di Kota Dumai tetap aman dan kondusif menjelang Pilkada Serentak 2024. 

"Kami akan terus mengedepankan pendekatan persuasif melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, agar Pilkada dapat berjalan dengan damai dan demokratis," tutup IPTU A. Sihite.

Editor : Ari Susanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network