Suntik 25 Startup Lokal Rp6,1 Triliun, Erick Thohir: Bukti Nyata Dukungan BUMN

Kholid Hidayat
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Kementerian BUMN)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Kementerian BUMN mencatat ada 25 startup Tanah Air yang mendapatkan pendanaan sebesar USD399 juta atau setara Rp6,19 triliun pada tahap pra-awal (pre-seed) hingga Seri-C.

Pendanaan itu merupakan inisiatif PT Telkom Indonesia Tbk melalui MDI Ventures yang membantu penyaluran investasi kepada startup lokal.

Tercatat, sejak Juli 2022, Telkom Group telah mempertemukan ratusan startup nasional dengan jajaran investor, baik lokal maupun internasional.

Atas inisiatif itu, 25 startup lokal berhasil meraih pendanaan Rp6,19 triliun

Menteri BUMN Erick Thohir menilai anggaran yang diperoleh 25 perusahaan rintisan menjadi bukti nyata dukungan BUMN.

"Investment agreement dengan nilai tidak sedikit mencapai USD399 juta ini tentunya bukti nyata bahwa Telkom serius dalam mendukung perkembangan ekosistem startup merah putih," ujar Erick, Kamis (17/11/2022).

Menurutnya, capaian ini sejalan dengan semangat dan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengundang sebanyak-banyaknya investasi ke Indonesia.

Bersamaan dengan event B20 Summit di Bali, Telkom mengundang perwakilan investor, investor global, dan startup binaan MDI Ventures untuk menandatangani nota kesepahaman penyaluran investasi tersebut.

Adapun total pendanaan USD399 juta, mayoritas atau 92,8% merupakan pendanaan Seri lanjutan (A-C), sementara sisanya merupakan pendanaan tahap awal.

Erick memandang hal ini menunjukkan para investor memiliki kepercayaan tinggi terhadap iklim perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

Bahkan, startup dalam negeri dipercaya memiliki daya saing global dan potensi pasar yang kuat.

Menurut Bank Indonesia, pada 2021 nilai perdagangan digital di Indonesia telah mencapai Rp401 triliun seiring dengan meningkatnya adopsi gaya hidup digital di tengah masyarakat, didukung dengan perkembangan sistem pembayaran digital dan akselerasi perbankan digital.

Pada 2025, ekonomi digital di Indonesia diproyeksikan mencapai USD146 miliar sebelum tumbuh delapan kali lipat menjadi Rp4.531 triliun pada 2030.

Indonesia kini menjadi tujuan investasi digital terpopuler di cakupan regional, yakni mewakili 40% digitalisasi di Asia Tenggara.

Artikel ini telah dimuat sebelumnya di Okezone dengan judul Suntik 25 Startup Lokal Rp6,1 Triliun, Erick Thohir: Bukti Nyata Dukungan BUMN 

Editor : Kholid Hidayat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network