get app
inews
Aa Read Next : Polsek Medang Kampai Gelar FGD , Berharap Jaga Kerukuran Biarpun Pandangan Politik Berbeda

Polsek Dumai Kota Gelar Kegiatan Focus Group Discussion di SMK Perikanan

Rabu, 02 Oktober 2024 | 12:21 WIB
header img

DUMAI, iNewsDumai.id - Pada Rabu, 2 Oktober 2024, Polsek Dumai Kota menggelar kegiatan Cooling System berupa Focus Group Discussion (FGD) di SMK Perikanan Dumai, Jalan Cendrawasih RT 04, Kelurahan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota. 

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 oleh Polres Dumai untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada Serentak 2024

Kanit Binmas Polsek Dumai Kota, IPDA Agust R. Simanjuntak, memimpin acara tersebut mewakili Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton.

Dalam diskusinya, IPDA Agust menyampaikan pentingnya peran dunia pendidikan dalam menciptakan suasana aman dan damai selama proses Pilkada berlangsung. 

"Sekolah merupakan salah satu elemen yang sangat berpengaruh di masyarakat. Para guru dan siswa diharapkan bisa berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban, terutama dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga Pilkada yang damai," ujar IPDA Agust.

Ia juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara pihak sekolah dan kepolisian dalam menjaga situasi agar tetap kondusif di wilayah hukum Polsek Dumai Kota. 

"Kami mengajak pihak sekolah untuk bersama-sama menjaga keamanan selama Pilkada 2024. Dukungan dari pihak sekolah sangat diperlukan dalam menciptakan suasana yang kondusif, baik di lingkungan pendidikan maupun di masyarakat luas," Jelas IPDA Agust.

Selain itu, dalam rangkaian kegiatan Cooling System Nusantara ini, IPDA Agust mengingatkan kepada seluruh guru dan siswa SMK Perikanan Dumai untuk menggunakan hak pilihnya secara bijak pada 27 November 2024 mendatang. 

"Pilkada adalah momen penting bagi masa depan kita semua. Kami berharap seluruh warga, termasuk para guru, turut serta dalam pemilu ini. Tidak menggunakan hak pilih atau golput bukanlah solusi," tegas IPDA Agust.

Lebih lanjut, IPDA Agust juga menyoroti bahaya penyebaran berita bohong (hoax), ujaran kebencian, dan isu SARA yang sering kali memicu konflik di tengah masyarakat. 

"Kami meminta kepada seluruh civitas akademika SMK Perikanan agar bijak dalam bersosial media. Jangan mudah terprovokasi oleh berita-berita yang belum jelas kebenarannya, karena ini bisa memicu perpecahan di tengah masyarakat," jelasnya.

Selain itu, IPDA Agust juga menegaskan komitmen Polsek Dumai Kota dalam memberantas praktik politik uang atau money politic yang sering terjadi menjelang Pilkada.

 Ia meminta pihak sekolah untuk menyampaikan kepada rekan-rekan dan tetangga agar menolak segala bentuk politik uang. 

"Politik uang merusak proses demokrasi. Kami meminta agar masyarakat tidak tergoda oleh praktik ini dan memilih pemimpin dengan hati nurani," ucap IPDA Agust.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh elemen di Kota Dumai, khususnya SMK Perikanan, dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada Serentak 2024 berlangsung. Polsek Dumai Kota berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan semua pihak dalam menjaga keamanan wilayah.

Editor : Ari Susanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut