get app
inews
Aa Read Next : Polsek Sungai Sembilan Adakan Kegiatan Berupa FGD Bertujuan Mengajak Elemen Masyarakat

Polsek Dumai Kota Laksanakan Giat Cooling System Melalui FGD Bersama Guru SMK Erna

Rabu, 04 September 2024 | 12:31 WIB
header img

DUMAI, iNewsDumai.id - Dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polsek Dumai Kota melaksanakan kegiatan Cooling System melalui Focus Group Discussion (FGD) bersama guru-guru SMK ERNA, (03/09/2024). 

Kegiatan yang berlangsung di SMK ERNA, Jalan Diponegoro Gg Salak, Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Dumai Kota ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 yang diinisiasi oleh Polres Dumai

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Dumai Kota, IPDA A.R. Simanjuntak, yang didampingi oleh Ba Unit Binmas Polsek Dumai Kota, AIPTU M. Ishamdi. Selain itu, hadir pula Wakil Kepala Sekolah SMK ERNA, Marima, S.Pd., serta beberapa guru dan Bhabinkamtibmas dari Kelurahan Bintan dan Kelurahan Sukajadi. 

Dalam diskusi tersebut, IPDA A.R. Simanjuntak menyampaikan pentingnya peran guru dan tenaga pendidik dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama di lingkungan sekolah. 

“Guru memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa, yang nantinya akan berkontribusi dalam menjaga stabilitas sosial dan politik di tengah masyarakat. Oleh karena itu, kolaborasi antara pihak sekolah dan kepolisian sangat diperlukan,” ujar IPDA A.R. Simanjuntak. 

Ia juga menyampaikan pentingnya partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, termasuk institusi pendidikan, dalam mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 yang damai dan aman. 

“Polsek Dumai Kota meminta partisipasi aktif pihak sekolah untuk mewujudkan Pemilu Damai 2024. Gunakan hak pilih dengan bijak pada 27 November 2024 mendatang, sebab golput bukan solusi,” tambahnya. 

Selain itu, IPDA A.R. Simanjuntak juga mengajak para guru dan staf sekolah untuk bijak dalam bersosial media. Di tengah maraknya berita bohong (hoax), ujaran kebencian, dan isu-isu SARA, ia mengingatkan agar tidak mudah terprovokasi dan selalu mengecek kebenaran informasi sebelum menyebarkannya. 

“Kami meminta kepada guru beserta staf agar menyampaikan kepada rekan dan tetangga untuk bijak dalam bersosial media dan menolak segala bentuk provokasi yang dapat memecah belah masyarakat,” tegasnya. 

Diskusi juga mencakup isu-isu yang berkembang di Kota Dumai saat ini, yang berpotensi mempengaruhi situasi keamanan jelang Pemilu. 

IPDA A.R. Simanjuntak menyoroti pentingnya antisipasi terhadap perpecahan dan potensi konflik di masyarakat. 

“Kami berharap dengan adanya diskusi ini, kita bisa bersama-sama meminimalisir isu-isu provokatif yang dapat memecah belah masyarakat,” katanya. 

Pada akhir diskusi, IPDA A.R. Simanjuntak mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta atas partisipasi aktif mereka dalam kegiatan tersebut. 

Ia berharap agar kerjasama yang baik antara pihak kepolisian dan masyarakat, khususnya kalangan pendidik, dapat terus terjalin dengan baik demi terciptanya Pemilu yang aman, damai, dan sukses. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu semakin meningkat. 

Polsek Dumai Kota terus berupaya melakukan berbagai langkah proaktif melalui Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 untuk memastikan seluruh tahapan Pemilu berjalan dengan lancar tanpa gangguan yang berarti.

Editor : Ari Susanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut