Logo Network
Network

Polres Dumai Jajaran Polda Riau Kawal Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 Tahap 1

Ari Susanto
.
Selasa, 13 Februari 2024 | 12:29 WIB
Polres Dumai Jajaran Polda Riau Kawal Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 Tahap 1

DUMAI, iNewsDumai.id - Polres Dumai Jajaran Polda Riau kawal pendistribusian logistik Pemilu 2024 Tahap 1 dengan tujuan tiga kelurahan terjauh di Kecamatan Sungai Sembilan yakni Kelurahan Basilam Baru, Kelurahan Sungai Geniot dan Kelurahan Batu Teritip, Senin (12/2/2024).

Pendistribusian logistik Pemilu 2024 dari Gudang Logistik KPU Kota Dumai Jalan Abdul Rabkhan KM.5 Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan menuju Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sungai Sembilan mendapatkan pengawalan dan pengamanan ekstra dari personel Polres Dumai dan personel Polsek Sungai Sembilan Jajaran Polres Dumai.

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si bersama Ketua KPU Kota Dumai Darwis, S.Ag, Ketua Bawaslu Kota Dumai Agustri, S.H.I, M,E.Sy, Dandim 0320/Dumai Letkol (Inf) Antony Tri Wibowo, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Dumai H. Indra Gunawan, S.I.P, M.Si, Ketua DPRD Kota Dumai H. Suprianto, S.H, Dansat Radar 232 Dumai Letkol (Lek) Rumanto Gunardi, Kepala Kejaksaan Negeri Dumai Agustinus Herimulyanto, S.H, M.H.Li, Ketua Pengadilan Negeri Dumai Effendi, S.H, M.H, Ketua Pengadilan Agama Dumai Drs. Alfian, M.AG, Danden Arh Rudal 004 Kapten (Arh) Heris Adiratno dan Kepala Rutan Kelas II B Kota Dumai Bastian Manalu melepas 3 truk pengangkut logistik Pemilu 2024 Tahap 1.

Dijelaskan Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si, Polres Dumai dan seluruh Polsek Jajaran siap mengawal seluruh tahapan Pemilu 2024 khususnya pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke seluruh PPK se-Kota Dumai hingga TPS terjauh ataupun yang berada didaerah terluar Kota Dumai," tegas Kapolres Dumai.

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si menegaskan, pengamanan dan pengawalan pendistribusian logistik Pemilu adalah prioritas utama Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2024, mulai dari kedatangan logistik Pemilu 2024 dari Pelabuhan Pelindo Perawang Kabupaten Siak hingga pergeseran logistik Pemilu 2024 dari Gudang Logistik KPU Kota Dumai ke 925 TPS se-Kota Dumai dan kembali lagi ke Gudang Logistik KPU Kota Dumai, seluruhnya akan dikawal dan dijaga ketat oleh personel Polres Dumai.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan untuk menjamin kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Kota Dumai. Kerjasama antara TNI-Polri, Panitia Penyelenggara dan Pengawas Pemilu 2024 serta pihak terkait lainnya sangat penting untuk menjaga integritas proses Pemilu dan mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai dan sejuk,” tegasnya.

Tak hanya itu, Kapolres Dumai juga mengatakan bahwa Polres Dumai dan Polsek Jajaran Polres Dumai terus mengintensifkan patroli khususnya ke Kantor Panitia Penyelenggara dan Pengawas Pemilu 2024, Gudang Logistik KPU Kota Dumai dan Gudang Logistik Tingkat Kecamatan serta Kantor Partai Politik maupun Posko Pemenangan Pasangan Calon dalam rangka Nusantara Cooling System.

“Kami terus mengintensifkan patroli untuk memastikan bahwa situasi Kamtibmas di Kota Dumai tetap dalam keadaan aman, damai dan kondusif serta memastikan keamanan Kantor KPU, Bawaslu dan Gudang Logistik KPU hingga tingkat Kecamatan terjaga dengan baik. Kami terus berupaya menjaga dan mengantisipasi berbagai potensi gangguan Kamtibmas yang dapat mengganggu jalannya Pemilu Damai 2024 seperti pencurian, perusakan atau sabotase terhadap logistik Pemilu 2024,” tegas Kapolres Dumai usai pelepasan pendistribusian logistik tahap pertama.

Tak hanya itu, lanjut Kapolres Dumai, untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas selama tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024, pihaknya juga rutin melaksanakan sosialisasi guna meningkatkan peran aktif masyarakat dalam menjaga kerukunan dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) serta mendorong masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS karena golput bukan pilihan.

“Seluruh upaya tersebut dilaksanakan dalam rangka Nusantara Cooling System guna mewujudkan Pemilu Damai 2024, menjaga situasi Kamtibmas Kota Dumai tetap aman dan kondusif serta mengantisipasi adanya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengganggu jalannya Pemilu 2024. Sesuai arahan Bapak Kapolri dan Bapak Kapolda Riau, kami akan menindak tegas siapa pun yang mencoba mengganggu jalannya Pemilu Serentak 2024,” pungkasnya.

Diketahui, pengawalan logistik Pemilu 2024 berupa 240 Kotak Suara dan 48 Bilik Suara serta sejumlah perlengkapan KPPS dan TPS untuk 48 TPS dengan rincian 17 TPS Kelurahan Basilam Baru, 15 TPS Kelurahan Geniot dan 26 TPS Kelurahan Batu Teritip dipimpin langsung oleh Kapolsek Sungai Sembilan AKP Bonardo Purba, S.H.

Logistik Pemilu 2024 dengan tujuan Gudang Logistik Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Basilam Baru dan Kelurahan Sungai Geniot telah selesai dilaksanakan dengan baik dengan menempuh perjalanan darat. Sementara pendistribusian Logistik Pemilu 2024 dengan tujuan Gudang Logistik Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Batu Teritip harus menempuh jalur laut dari Pelabuhan TPI Jalan Ring Road Kelurahan Pangakalan Sesai Kecamatan Dumai Barat menuju Pelabuhan Tianjong Kelurahan Batu Teritip guna mengefesienkan waktu tempuh. Setelahnya pendistribusian logistik dengan pengawalan ketat akan dilanjutkan dengan menggunakan jalur darat menuju Gudang Logistik PPS Kelurshan Batu Teritip.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.