get app
inews
Aa Read Next : Hari ke 2 Penggalangan Dana KNPI Kota Dumai, Arya : Antusias Masyarakat Luar Biasa Untuk Membantu

Wakapolda Riau Brigjen Pol K. Rahmadi Laksanakan Kunjungan Kerja ke Kota Dumai

Selasa, 13 Februari 2024 | 08:27 WIB
header img

DUMAI, iNewsDumai.id - Wakapolda Riau Brigjen Pol K. Rahmadi, S.H, M.H melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Dumai guna mengecek kesiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) diwilayah hukum Jajaran Polda Riau tersebut, Senin (12/2/2024).

Kegiatan pengecekan dalam rangka Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2024, Wakapolda Riau hadir dengan didampingi oleh Dir Samapta Polda Riau Kombes Pol Raswin Bachtiar Sirait, S.H, S.I.M, M.Si dan Dir Polair Polda Riau Kombes Pol Wahyu Prihatmaka.

Kunjungan tersebut disambut oleh Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si, Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M, Kabag Ops Polres Dumai Kompol Mahendra Yudhi Lubis, S.H, M.H dan para Pejabat Utama Polres Dumai serta Pejabat Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2024 Polres Dumai lainnya.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polda Riau untuk memastikan kesiapan TPS diseluruh wilayah hukum Polda Riau,” kata Wakapolda Riau.

Wakapolda Riau Brigjen Pol K. Rahmadi, S.H, M.H beserta rombongan melaksanakan peninjauan ataupun pengecekan di dua TPS yakni TPS 006 Jalan Gatot Soebroto RT. 006 Kelurahan Mekar Sari Kecamatan Dumai Selatan dan TPS 017 Jalan Sungai Gerong Perumahan Bukit Datuk tepatnya didepan Kinta Swalayan Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan. 

"Dengan adanya pengecekan ini, diharapkan 925 TPS pada 36 Kelurahan di 7 Kecamatan se-Kota Dumai siap digunakan untuk tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 dan seluruhnya dapat berjalan lancar, aman, damai dan berintegritas,” harapnya.

Dalam kunjungannya, Wakapolda Riau juga memberikan arahan kepada petugas KPPS untuk memaksimalkan pembangunan TPS agar terhindar dari cuaca panas hingga mengantisipasi curah hujan agar seluruh logistik Pemilu tetap terjaga dalam keadaan baik serta kenyamanan para panitia penyelenggara dan masyarakat pemilih dapat terjamin.

Tak hanya itu, kepada para petugas KPPS dan personel pengamanan TPS, Wakapolda juga menegaskan untuk menjunjung tinggi netralitas dan profesionalitas serta berpedoman pada seluruh peraturan yang berlaku dalam pelaksanaan tugasnya guna mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan bermartabat.

Wakapolda Riau juga berbincang dengan aparat pemerintahan setempat disela melakukan peninjauan kesiapan pembangunan TPS dan pengecekan kesiapsiagaan personel pengamanan.

Sementara itu, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si kembali mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan dan memelihara keamanan dan ketertiban jelang tahapan Pemungutan Suara 14 Februari 2024 mendatang.

“Mari bersama kita sukseskan Pemilu Damai 2024 dan menjaga situasi Kamtibmas tetap aman, damai, sejuk dan kondusif,” imbau Kapolres Dumai.

Diakui Kapolres Dumai, pihaknya telah melakukan berbagai upaya serta persiapan matang untuk mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024. Persiapan itu mulai dari menerjunkan 250 personel Polres Dumai untuk mengamankan seluruh TPS se-Kota Dumai dan sebelum pelaksanaan tugasnya seluruh personel telah diberi pemahaman dan edukasi terkait peraturan yang berlaku dan cara bertindak yang sesuai dengan peraturan tersebut melalui pelaksanaan pelatihan.

Selain itu, Polres Dumai juga telah melaksanakan Sistem Pengamanan Kota, Apel Gelar Pasukan serta berbagai upaya lainnya dalam rangka Nusantara Cooling System guna mensukseskan Pemilu Damai 2024, menjaga situasi Kamtibmas Kota Dumai tetap aman, damai, sejuk dan kondusif serta mendorong partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

“Kami juga terus hadir ditengah masyarakat, memantau dan mengontrol isu-isu yang yang berkembang guna meminimalisir timbulnya potensi yang dapat mengganggu tahapan Pemilu 2024 dan memecah belah masyarakat," jelas AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si.

Hal itu dilakukan Polres Dumai dengan menggandeng Panitia Penyelenggara dan Pengawas Pemilu 2024, unsur TNI, Forkopimda, Lintas Sektoral dan para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat hingga tokoh pemuda dan seluruh elemen masyarakat Kota Dumai. Selain itu, dialog dengan organisasi kemasyarakatan hingga generasi Z sebagai pemilih pemula juga sudah dilakukan untuk menyerap aspirasi, memahami kebutuhan serta kekhawatiran masyarakat khususnya terkait Pemilu 2024.

“Semoga seluruh tahapan Pemilu 2024 khususnya di Provinsi Riau dan Kota Dumai dapat berjalan dengan lancar, aman, damai dan terpercaya. Polres Dumai Jajaran Polda Riau siap mengamankan Pemilu 2024 dengan menjunjung tinggi netralitas dan profesionalitas. Kami telah berkomitmen dalam menjaga stabilitas keamanan demokrasi serta keamanan masyarakat di Kota Dumai,” tegasnya.

Editor : Ari Susanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut