get app
inews
Aa Read Next : Burhanudin Muhtadi Minta Waspadai Pengalihan Kertas Suara Pileg untuk Partai Tertentu

Jelang Pemilu 2024, Polres Dumai dan Polsek Jajarannya Terus Gulirkan Imbauan dan Pesan Damai

Sabtu, 03 Februari 2024 | 12:04 WIB
header img

DUMAI, iNewsDumai.id - Polres Dumai dan Polsek Jajarannya terus menggulirkan himbauan dan pesan damai kepada masyarakat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dalam rangka Cooling System.

Dibalut semangat Polri Presisi dan rasa tulus ikhlas mengabdi, Polres Dumai dan Polsek Jajarannya secara rutin melaksanakan program Subuh Education yaitu menunaikan ibadah salat subuh berjemaah keliling dan mengedukasi pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan demi terwujudnya Pemilu 2024 di Kota Dumai.

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si diwakili oleh Kasat Polair Polres Dumai Kasat Pol Air Polres Dumai AKP Yudha Efiar, S.H melaksanakan kegiatan Subuh Education di Masjid At-Taqwa Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Dumai Kota Kecamatan Dumai Kota, Sabtu (3/2/2024).

Usai melaksanakan Salat Subuh Berjemaah, Kasat Pol Air Polres Dumai AKP Yudha Efiar, S.H melanjutkan kegiatan dengan bersilaturahmi, berdiskusi dan saling bertukar informasi dengan jemaah Masjid At-Taqwa dan masyarakat sekitar untuk mengetahui situasi masyarakat, merespon persoalan-persoalan yang terjadi ditengah masyarakat dan memberikan solusi serta bantuan yang sesuai dengan tanggungjawab Kepolisian.

Guna mencegah potensi gangguan Kamtibmas dan mewujudkan Pemilu Damai 2024 di Kota Dumai, dalam suasana penuh ketenangan usai salat berjemaah, AKP Yudha Efiar, S.H juga mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan isu SARA yang berpotensi memecah belah persatuan dan kerukunan bangsa.

“Edukasi makna Pemilu Damai 2024 sangat diperlukan agar seluruh masyarakat mendapatkan pemahaman yang benar ditengah banjir arus informasi di media sosial dan platform digital lainnya. Dan ini merupakan salah satu upaya Polri dalam melindungi masyarakat agar tidak salah langkah dan tidak terjebak oleh informasi sesat yang dapat menimbulkan potensi terjadinya misinformasi dan disinformasi dalam Pemilu 2024 hingga mengorbankan persatuan dan kesatuan,” ungkap AKP Yudha Efiar, S.H.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan Kasat Pol Air Polres Dumai dapat membawa dampak positif yakni memakmurkan masjid, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan personel Polres Dumai dan Polsek Jajaran, mempererat hubungan silaturahmi dan meningkatkan kedekatan serta kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri serta menjaga keamanan dan ketertiban Kota Dumai.

Dalam himbauannya, AKP Yudha Efiar, S.H juga menekankan pentingnya pemahaman bahwa setiap suara memiliki dampak besar dalam menentukan arah bangsa. Namun tentunya dengan tetap menjaga semangat kebersamaan dan menghormati berbagai perbedaan khususnya perbedaan pendapat dan pandangan politik. Pasalnya, Pemilu 2024 bukan hanya sekadar menentukan pilihan politik, tetapi juga momentum memperkuat persatuan bangsa.

“Memiliki pilihan politik yang berbeda-beda merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi, mari bersama wujudkan Pemilu Damai 2024 dengan sikap dewasa dan penuh rasa tanggung jawab. kami juga berharap seluruh masyarakat khususnya di Kota Dumai dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak pada 14 Februari 2024 mendatang dan menolak segala bentuk kampanye hitam, intoleransi hingga politik uang dan politik identitas," tegas AKP Yudha Efiar, S.H.

Terakhir Kasat Polair Polres Dumai AKP Yudha Efiar, S.H mewakili Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang aman, damai, tertib dan kondusif di Kota Dumai menjelang, saat dan pasca Pemilu 2024. Dirinya juga meminta masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan mendo'akan agar seluruh tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Pantauan dilapangan, kegiatan Cooling System melalui salat subuh berjemaah keliling ini bukan hanya melaksanakan ibadah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta memakmurkan masjid, tetapi juga menjadi momen untuk mempererat hubungan dan kedekatan Kepolisian dan masyarakat. Dengan menyebar ke beberapa masjid untuk menunaikan ibadah salat subuh, magrib dan isya berjemaah, Kapolres Dumai ingin memastikan pesan-pesan keamanan dan persatuan dapat disampaikan secara langsung kepada sebanyak mungkin masyarakat Kota Dumai. Sebuah langkah inovatif ini diharapkannya mampu membawa berbagai dampak positif khususnya dalam membangun kepercayaan dan kerjasama antara Kepolisian dan masyarakat.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut