get app
inews
Aa Read Next : Polres Dumai Melalui Polsek Dumai Kota Lakukan Giat Rutin Jumat Curhat Upaya Mempererat Silaturahmi

Kapolsek Bukit Kapur Didampingi Kanit Samapta dan Kanit Lantas Lakukan Duduk Bersama Para Tokoh

Kamis, 18 Januari 2024 | 09:01 WIB
header img
Kapolsek Bukit Kapur Iptu Irsanuddin Harahap, S.H, M.H didampingi Kanit Samapta Polsek Bukit Kapur Ipda Nurdin Rahman, Ps. Kanit Lantas Polsek Bukit Kapur Aipda Janpiter Panjaitan dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Bukit Nenas Aiptu Asyari, Rabu (17/1/2024) pagi, duduk bersama para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kelurahan Bukit Nenas di Jalan Mandiri RT. 001 Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur

DUMAI, iNewsDumai.id - Polres Dumai dan Polsek Jajarannya terus menggulirkan himbauan Kamtibmas dan pesan damai kepada masyarakat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dalam rangka Cooling System.

Dengan semangat Polri Presisi dan rasa tulus ikhlas mengabdi, Polres Dumai dan Polsek Jajarannya secara rutin menggelar Cooling System yang dilaksanakan dalam berbagai kegiatan seperti Bakti Sosial, Bakti Kesehatan, Sosialisasi, Dialog, Edukasi hingga Pembagian Brosur dan Pamflet guna memberikan pemahaman terkait pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan demi terwujudnya Pemilu Damai 2024 di Kota Dumai.

Guna wujudkan Pemilu Damai 2024 diwilayah hukumnya, Kapolsek Bukit Kapur Iptu Irsanuddin Harahap, S.H, M.H didampingi Kanit Samapta Polsek Bukit Kapur Ipda Nurdin Rahman, Ps. Kanit Lantas Polsek Bukit Kapur Aipda Janpiter Panjaitan dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Bukit Nenas Aiptu Asyari, Rabu (17/1/2024) pagi, duduk bersama para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kelurahan Bukit Nenas di Jalan Mandiri RT. 001 Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur.

Kapolsek Bukit Kapur dan rombongan tampak bersilaturahmi, berdiskusi dan saling bertukar informasi dengan masyarakat Kelurahan Bukit Nenas dan sekitarnya guna mengetahui situasi masyarakat, merespon persoalan-persoalan yang terjadi ditengah masyarakat dan memberikan solusi serta bantuan yang sesuai dengan tanggungjawab Kepolisian.

Kemudian, guna mencegah potensi gangguan Kamtibmas dan mewujudkan Pemilu Damai 2024 di Kota Dumai, Kapolsek Bukit Kapur juga mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat diwilayah hukumnya agar tidak mudah terprovokasi dengan isu negatif, berita bohong (hoax), ujaran kebencian dan isu SARA yang dapat memicu pertikaian antar pendukung masing-masing pasangan Calon baik itu Calon Presiden dan Wakil Presiden maupun Calon Anggota Legislatif yakni DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Riau dan DPRD Kota Dumai hingga berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Edukasi makna Pemilu Damai 2024 sangat diperlukan agar seluruh masyarakat mendapatkan pemahaman yang benar ditengah banjir arus informasi di media sosial dan platform digital lainnya. Dan ini merupakan salah satu upaya Polri dalam melindungi masyarakat agar tidak salah langkah dan tidak terjebak oleh informasi sesat yang dapat menimbulkan potensi terjadinya misinformasi dan disinformasi dalam Pemilu 2024 hingga mengorbankan persatuan dan kesatuan,” ungkap Kapolsek Bukit Kapur Iptu Irsanuddin Harahap, S.H, M.H.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan Kapolsek Bukit Kapur Iptu Irsanuddin Harahap, S.H, M.H dapat membawa berbagai dampak positif yakni mempererat hubungan silaturahmi dan meningkatkan kedekatan serta kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri hingga terciptanya stabilitas keamanan dan ketertiban Kota Dumai.

Tak lupa, Kapolsek Bukit Kapur Iptu Irsanuddin Harahap, S.H, M.H menekankan pentingnya pemahaman bahwa setiap suara memiliki dampak besar dalam menentukan arah bangsa. Namun tentunya dengan tetap menjaga semangat kebersamaan dan menghormati berbagai perbedaan khususnya perbedaan pendapat, pandangan politik dan pilihan politik. Pasalnya, Pemilu 2024 bukan hanya sekadar menentukan pilihan politik, tetapi juga momentum memperkuat persatuan bangsa.

“Memiliki pilihan politik yang berbeda-beda merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi, mari bersama-sama mewujudkan Pemilu Damai 2024 dengan sikap dewasa dan penuh rasa tanggung jawab serta bersama-sama meminimalisir segala bentuk gangguan Kamtibmas selama berlangsungnya tahapan Pemilu 2024. Kami juga berharap seluruh masyarakat khususnya di Kota Dumai dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak pada 14 Februari 2024 mendatang dan menolak segala bentuk kampanye hitam hingga politik uang," tegasnya.

Berbagai program terus dilaksanakan sebagai wujud upaya Polri dalam menyampaikan himbauan dan pesan damai dalam rangka cooling system atau sistem pendingin guna mencegah timbulnya konflik atau ketegangan menjelang Pemilu 2024 yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Kapolsek Bukit Kapur Iptu Irsanuddin Harahap, S.H, M.H juga menyoroti pentingnya menjaga semangat kebersamaan dan menghormati berbagai perbedaan khususnya perbedaan pendapat dan atau pilihan politik. Kapolres Dumai juga mendorong partisipasi dan keterlibatan aktif seluruh masyarakat dalam menyongsong Pemilu 2024. 

Terakhir Kapolsek Bukit Kapur Iptu Irsanuddin Harahap, S.H, M.H juga mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Bukit Kapur untuk bersama-sama mengawal Pemilu dan jangan golput. Dirinya juga meminta komitmen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang aman, damai, tertib dan kondusif di Kota Dumai menjelang, saat dan pasca Pemilu 2024. Dirinya juga meminta peran serta masyarakat untuk mendukung dan mendo'akan agar seluruh tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Editor : Ari Susanto

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut