Logo Network
Network

Survei Puspoll 75% Masyarakat Inginkan Proporsional Terbuka

Kholid Hidayat
.
Senin, 29 Mei 2023 | 20:12 WIB
Survei Puspoll 75% Masyarakat Inginkan Proporsional Terbuka
Ilustrasi.

JAKARTA, iNewsDumai.Id - Lembaga Riset dan Konsultasi Politik PUSPOLL INDONESIA menyebut 75% masyarakat menginginkan sistem pemilu proporsional terbuka pada pemilu 2024 nanti. 

Manager Program Riset Puspoll Indonesia Luqmanul Hakim mengatakan dalam survei terakhir PUSPOLL Indonesia mayoritas responden menghendaki anggota DPR dipilih langsung oleh pemilih, bukan oleh partai sebagaimana dalam sistem pemilihan proporsional tertutup. 

" Keinginan masyarakat sudah jelas menginginkan sistem pemilu proposional terbuka tetap dijalankan di pemulu 2024, dan temuan ini konsiten dalam beberapa survei terakhir" Manager Pogram Riset Puspoll Indonesia Luqmanul Hakim di Jakarta.

Dalam survei tersebut 75% responden memilih sitem proporsional terbuka, sedangkan 16% memilih proporsional tertutup. 

Masyarakat menilai dengan sistem proporsional terbuka masyrakat bisa memilih secara langsung siapa yang akan mewakilinya untuk lima tahun kedepan. 

“sistem proporsional terbuka membuat masyarakat merasa dilibatkan dalam menentukan siapa wakilnya di parlemen. Hal ini terbukti meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu.”

Terkait sistem pemilu diketahui tengah jadi perbincangan setelah mantan Wamenkumham Denny Indrayana membocorkan informasi pribadi yang diterima dirinya soal Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan memutuskan  sistem pemilu legislatif secara tertutup.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.