get app
inews
Aa Read Next : Gubernur Syamsuar Harap Masyarakat Selalu Ramaikan Masjid

Alasan Kurma Begitu Populer Selama Bulan Suci Ramadhan

Senin, 03 April 2023 | 13:37 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto : Freepik)

DUMAI, iNewsDumai.Id - Kenapa kurma begitu populer selama bulan suci Ramadhan? Mungkin sebagian dari Anda juga pernah mempertanyakan hal ini, mengingat dimana-mana akan ditemui penjual kurma selama bulan Ramadhan.

Kurma sendiri merupakan buah khas Timur Tengah yang memiliki banyak jenis. Biasanya buah kurma dijadikan buah tangan oleh umat muslim yang baru saja melaksanakan umroh maupun haji ke Tanah Suci. Selain itu, buah bercita rasa manis ini juga banyak ditemui di bulan Ramadhan.

Lantas, kenapa kurma begitu populer selama bulan suci Ramadhan? Jawaban dari pertanyaan ini berkaitan dengan anjuran Rasulullah SAW untuk berbuka puasa dengan kurma dan air putih.

Dilansir dari Almanhaj, anjuran untuk berbuka dengan kurma dan air putih tertuang dalam HR Abu Dawud yang berbunyi;

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air“.

Tak hanya dalam hadits tersebut, dalam HR At-Tirmidzi juga terdapat anjuran yang sama. Berikut isi hadits tersebut dilansir dari NU Online;

إذا أفطر أحدكم فليفطر على تمر، فإن لم يجد فليفطر على ماء فإنه طهور

Artinya, “Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci,” (HR At-Tirmidzi).

Dengan adanya dua hadits di atas yang akhirnya membuat umat muslim mengikuti anjuran Rasulullah SAW untuk mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa. Karena itulah kurma begitu populer di bulan suci Ramadhan.

Terlepas dari itu, kurma merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi dan cocok dimakan saat perut kosong untuk mengganti energi yang terkuras selama berpuasa.

Editor : Kholid Hidayat

Follow Berita iNews Dumai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut